Informasi Resmi Prosedur Tilang

Kalo sedang ditilang di jalan oleh polisi apapun, jangan sekali2 damai atau ngasi duit, bilang tilang aja langsung.Pertama hasilnya tuh polisi pasti kesel karena gak dapet duit, kedua, ngurusnya gampang kok, dan dendanya resmi….

Tips nya :

1. Kalau anda ditilang di jalan sebenernya ada dua pilihan : form biru dan form merah.

2. Form biru adalah kalo anda terima kesalahan anda (artinya anda gak perlu berdebat ama hakim). Dgn form ini anda bayar dendanya di BRI yg ditunjuk, abis bayar denda resmi ke BRI, ambil SIM ato STNK yg disita ke kantor Ditlantas POLDA Metro di Pancoran, gedung baru, sebelum Gelael arah cawang. Disini ada ruang khusus loket Tilang, ruang tunggu nyaman ber-AC, dengan hiburan SateliteTV.

3. Form merah artinya anda gak terima kesalahan anda, dan dikasih kesempatan untuk berdebat ato minta keringanan ama hakim. Biasanya tanggal sidang adalah maksimum 14 hari dari tanggal kejadian, tergantung hari sidang Tilang di PN (Pengadilan Negeri) bersangkutan.

Contoh: Temen saya ditilang di Kuningan, berarti sidang di PN Jaksel, jl ampera, disini sidang tilang setiap selasa. Nah oleh polisi, barang sitaan (SIM or STNK) akan disetor ke kantor Ditlantas pancoran itu sampai dengan H-1 tanggal sidang. Jadi selama masih di pancoran SIM/STNK itu bisa ditebus tanpa sidang ke PN. Cukup ke loket yg gue sebutin tadi, serahin form merah, bayar dendanya, SIM/STNK balik dengan sukses.

4. H-1 tgl sidang dan seterusnya, SIM/STNK udah dikirim ke pengadilan sesuai daerah perkara, jadi kudu ditebus di PN masing2

5. Kalo pengen hadir sidang, dateng sesuai tanggal sidang yang tertera di surat Tilang ke PN yg ditunjuk. Tapi ini gak di saranin.
Kenapa ? karena antreannya luar biasa banyak, kita gak punya kesempatan bertemu hakim, karena sidangnya sebenarnya IN ABSENTIA, dan banyak banget CALO yg nawarin bantuan. Mending enggak deh!

6. Lebih baik cuekin aja tanggal sidang, ambil SIM/STNK terserah anda di hari lain, hindari hari sidang tilang biar gak rame, terus langsung tuju Loket khusus Tilang yang ada di masing2 PN. Tunjukin form merahnya, dalam 5 menit SIM/STNK udah di tangan anda dengan bayar denda resmi.

Sebelumnya cermati berapa denda resminya, biar gak dilebih2in ama petugasnya.
Contoh nih, saya tahu denda masuk jalur cepat (saya naik motor) Rp.15000, petugasnya bilang Rp.25600, dikasi angka 600 seolah2 itu perhitungan rumus2 njelimet, padahal akal2an aja biar ada yg masuk kantong dia. saya kasi uang bulet 15.000 dia diem aja kok..hehe

7. Udah ngerti kan. jadi intinya : jangan sekali2 damai ama polisi di jalanan, tilang mah tilang aja, pilih prosedur sesuai tips diatas, gak usah sidang kalo gak pengen bete, cuekin calo2 yg nawarin bantuan, bayar denda sesuai tarif resmi. Semua ini demi INDONESIA yg bersih dan berwibawa gemah ripah loh jinawi…hehehehe

Berikut tabel denda tilang resmi.

Kontributor : http://www.dyshamotorsports.com

About these ads

9 Tanggapan

  1. aQ ANTO, asli dari salatiga jateng tapi sementara lagi di Ternate Maluku Utara. thanks ne atas tips nya, soale peraturan lalu lintas disini masih kaco aq nyari denda administrasi untuk pelanggaran LALIN aja ga ada di internet. trus polisi disini maen tembak aja kalo soal biaya administrasinya.

  2. Sy mau tanya,aturan pelaksnn tertib lalu lints di bawahnya PP no 41-43 thn 1993 itu apa sj. Trims

  3. “6. Lebih baik cuekin aja tanggal sidang, ambil SIM/STNK terserah anda di hari lain, hindari hari sidang tilang biar gak rame, terus langsung tuju Loket khusus Tilang yang ada di masing2 PN. Tunjukin form merahnya, dalam 5 menit SIM/STNK udah di tangan anda dengan bayar denda resmi.”

    Bole ngga ambil ID Cardnya sebelum tanggal sidang? Ato harus sesudahnya?

    Regards,

    Menlu

  4. Makasi infonya; jadi lebih tahu sbg masy yang memang berhak tahu informasi ini, sayangnya kelihatannya informasi yang merupakan hak publik untuk diketahui, tidak selalu available di setiap kota. Sy merasa dipermainkan oleh aparat polisi sendiri, tapi tdk bisa berbuat apa2 karena tdk ngeh aturan tilang yang sebenarnya. Saya sdh 2x ditilang di kota yang berbeda (kebetulan krn pelanggaran rambu LaLin (maklum baru dtg;-)) yang sama taaaapi bayarannya beda. di Jogja bayarx 25ribu (bayar di tempat) dan di Ternate 75ribu (di bagian tilang). Aneh kan?? Dua-duanya karena melanggar rambu larangan.

  5. Bravo Indonesia Bersih!

    Saya ujian SIM motor 3 kali gak lulus gak ngerti salahnya, tetep gak mau bayar.
    Yuk sama sama bikin buku ATURAN & TANDA TANDA LALU LINTAS untuk kita pelajari bersama.
    Berlalu lintas semakin baik dan tertib, ujian sim gak perlu membayar polisi, semua sehat lahir batin!

  6. trus klo gitu ambil form biru atau merah?

  7. aku ngambil sim dibagian tilang (polres metro bekasi) langsung disuruh bayar 50.000 padahal hanya melanggar lampu merah

  8. kl ngambil stnk lewat tgl nya gapapakan?

  9. kalo pelanggarannya sim udah mati trus spion hanya satu, apa sim, stnk bahkan motor juga ikut tahan???
    soalnya kemarin gua ngalamin bro…?????

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 663 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: