Sakit Kulit Seperti Terbakar

http://www.eramuslim.com/klinikherba/7419144352

-sakit-kulit-seperti-terbakar.htm

Assalaamu’alaikum wr, wb..

Pak Toto yang dimuliakan Allah, sudah setahun belakangan kulit di daerah selangkangan, bokong dan pinggang terserang penyakit. Gejalanya pertama-tama timbul bintik-bintik merah, kemudian menyebar. Rasanya sangat gatal dan panas. Sekarang bekasnya seperti luka bakar.

Saya sudah mencoba banyak salep kulit dan antibiotik tapi belum berhasil. Pernyakit ini kadang hilang, kadang timbul. Apakah ini herpes atau alergi? Mohon saran dan solusinya.

Terima kasih, jazakallah khair.

Wassalaamu’alaikum wr, wb.

An – Jogja

Jawaban

Waalaikumsalam. Wr.Wb

Saudara An Yth,

Yang dimaksud dengan alergi adalah reaksi imunologis (antibodi IgE) terhadap antigen asing (alergen) yang dapat terjadi di salah satu bagian tubuh (lokal) atau bahkan di seluruh tubuh. Reaksi tersebut dapat menyebabkan peradangan jaringan dan gangguan pada fungsi organ tubuh.

Alergen merupakan benda yang dianggapp asing oleh tubuh. karena itu, yang paling sering terserang adalah kulit dan saluran pernapasan. Namun demikian, alergi juga dapat terjadi di jaringan pembuluh darah, sistem pencernaan, dan organ-organ tubuh bagian dalam lainnya.

Saat terserang alergi, di dalam tubuh kita terjadi pengaktifan dan pelepasan zat-zat itu menyebabkan pembuluh darah melebar, otot polos viseral berkontraksi, dan pengeluaran lendir yang terus menerus.

Sedangkan herpes, pada awal serangan kulit terasa nyeri dan panas di daerah tertentu, kemudian timbul bintik-bintik kecil berisi cairan seperti telur ikan yang berkelompok.

Selanjutnya, bintik-bintik tersebut akan mengering dan kadang menimbukan bekas kehitaman. Pada beberapa kasus setelah sembuh, biasanya pasien masih merasakan nyeri di daerah kulit tersebut yang dalam istilah medis disebut Post Herpetic Neuralgia.

Namun, untuk mengetahui secara pasti, anda memang harus konsul ke dokter spesialis kulit untuk melakukan uji parasit dan mikroba lainnya yang biasa menyerang kulit anda. Pemakain aneka salep yang dijual bebas, belum tentu menuntaskan masalah anda, karena salep untuk penyakit kulit umumnya hanya bersifat menghilangkan gejalanya saja.

Di samping itu, cobalah cek kadar gula darah anda, karena kadar gula yang tinggi yang menjadi pencetus timbulnya penyakit kencing manis, salah satu cirinya adalah timbulnya gatal-gatal pada tubuh.

Jika memungkinkan, pola makan anda kalau bisa dirubah dengan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran sambil menghindari makan telur, ikan laut, mie instant karena banyak mengandung MSG. Atau makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet, penyedap, dan bahan pewarna.

Yang terpenting, ketika gatal menyerang jaranglah menggaruknya. Karena, menggaruk hanya akan memperburuk keadaan. Kulit akan terinfeksi oleh bakteri-bakteri yang ada di dalam kuku, dan bila lukanya sudah mengering maka warna kulit akan tampak berbeda.

Herba untuk alergi bisa menggunakan sambiloto dan temulawak. Caranya: 30 gram temu lawak (dipotong-potong) + 10 gram sambiloto kering + gula aren secukupnya, dicuci bersih lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.

Sedangkan untuk pemakaian luar, dioleskan pada bagian tubuh yang gatal dapat menggunakan Kunyit, dengan cara, satu rimpang kunyit yang sudah tua dicuci bersih dan diparut, tambahkan 1 sendok air kapur sirih dan perasan 1 buah air jeruk nipis, diaduk sampai merata, lalu adonan tadi dioleskan pada bagian kulit yang terkena gatal-gatal.

Anda juga bisa mencoba mengonsumsi produk HPA seperti Coscinium Plus (2×2), Mengkudu (2×2) dan Teh Herba (2uncang untuk diminum pagi dan malam). Sebaiknya, diminum 30 menit sebelum makan atau 2 jam setelah makan malam.

Iklan

9 Tanggapan

  1. Saya mengalami hal yang serupa di lengan dekat siku. Apakah ini pengaruh umur. Bagaimana pencegahannya secara alami?

  2. apa herbal untuk penyakit kayap/herpes

  3. @ Aan : waduh, saya nyari2 belum dapet tuh. Mungkin ada yang tahu?
    @ aly : bisa dilihat di situs-situs berikut
    Link 1
    Link 2
    Link 3

  4. produk hpa untuk penyakit herpes zoster apa yach

  5. as.wr.wb
    saya mengalami bercak hitam awal mulanya kecil2 sekian lama malah melebar di sekitar paha smpai bagian bokong itu termasuk jenis penyakit apa dok?

  6. Assalamualaikum wr.wb….
    Dok,
    appa setelah pengobatan dilakukan,
    kulit yg luka warna nya akan kmbali ke keadaan semula?? Atau paling tidak ,
    kontras dgan wrna kulit iang tidak ter infeksi???? Lalu appa pantangan yang harus dijalankan aggar penyakit ini tidak kambuh lge!.
    Trims dok

  7. saya mempunyai anak umur 17 bulan sekarang dia mengalami luka seperti luka bakar solot rokok. dalam hitungan menit lukanya menjalar bertumbuh banyak bintik merah bernanah si kecil juga sering menggarok-garok daerah luka . . . penyakit apa ya . . . ?makasi

  8. maaf sebelumnya pak,, begini,, teman saya ada yg mengalami kulit kening memerah dan kerasa panas serta gatel, kira2 itu penyakit apa, dan cara nyembuhinnya gmn ya?
    apa bisa cuma pake salep?
    trimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: