Menghadapi Hari Kerja Diawal Pekan

Kontributor: CDC-FTUI (15.04.2003 15:49)

Saat weekend kemarin, mungkin aktivitas Anda begitu padat. Dari belanja untuk keperluan sehari-hari, membereskan rumah, menghadiri undangan pernikahan, sampai membawa anak-anak ke toko buku. Begitu Anda bekerja di awal pekan, tiba-tiba Anda merasa kehabisan energi. Merasa lesu dan berteriak, “I hate Monday!”

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan lakukan, agar Anda dapat menjalani hari-hari kerja Anda hingga akhir pekan dengan lebih menyenangkan.

  • Anda sendiri yang menjadikan perasaan Anda tidak nyaman

“Cobalah abaikan perasaan tidak nyaman yang Anda rasakan. Hal ini akan sedikit meringankan beban Anda,” saran Donald Greeley, psikolog di Carle Clinic’s Sleep Laboratory di Urbana, Amerika Serikat. Duduk dengan tenang di bawah pendingin udara yang menyejukkan, menurutnya, juga dapat memberikan rasa nyaman pada diri Anda.

  • Jangan terlalu banyak minum kopi

Biasanya untuk mengatasi rasa kantuk atau lesu, Anda mencari segelas kopi. Bahkan Anda berpikir mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya, dapat mengatasi masalah yang tengah Anda hadapi ini. Namun, penelitian menyebutkan bahwa minum lebih dari tiga atau empat cangkir kopi, justru akan menurunkan dan melorotkan energi Anda. Tetaplah minum kopi dalam jumlah yang wajar, segelas saja atau paling banyak dua cangkir kopi.

  • Konsumsi makanan yang menyehatkan

Susun komposisi menu makan siang Anda terdiri atas: 50 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan lemak tak lebih dari 20 persen. Minumlah air putih yang banyak untuk menghindari dehidrasi yang dapat menyebabkan kelelahan.

  • Ambil pekerjaan yang meningkatkan kreativitas Anda

Kreativitas dan kemampuan kognitif adalah dua hal yang harus ditumbuhkan saat pertama kali Anda merasa letih. Dua hal ini akan membuat Anda sanggup mengontrol emosi Anda.

  • Kerjakan pekerjaan yang bervariasi

Perubahan dari satu jenis pekerjaan ke pekerjaan lain dan mengambil tiap kesempatan yang ada, akan membuat Anda lebih bergairah. Lydia Dotto, pengarang buku Losing Sleep: How Your Sleeping Habits Affect Your Life mengatakan, meskipun itu cuma mempelajari laporan singkat akan meningkatkan konsentrasi Anda.

  • Mencuri waktu tidur sebentar


Jika di dalam kantor Anda ada ruang untuk beristirahat, tidurlah sebentar saat waktu makan siang. Ini adalah saran dari James B. Maas Ph.D, salah satu pengarang buku Power Sleep: The Revolutionary Program That Prepares You Mind for Peak Performance. “Meskipun cuma 15 menit, tidur siang sejenak dapat meningkatkan penampilan Anda,” katanya. (evi nm)

Satu Tanggapan

  1. whatever people say about monday………….I LOVE MONDAY VERY MUCH !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: