Saat Harus Menyelesaikan ‘Warisan’ Masalah

Dibutuhkan siasat dan strategi jitu untuk menyelesaikan ‘warisan’ pimpinan terdahulu. Mungkin Anda perlu melecut semangat karyawan yang masih terkungkung paradigma lama. Tentu saja hal ini tidak mudah. Namun, tetap ada kiat untuk membantu Anda, coba ikuti siasat berikut:

* Jadilah pendengar yang baik
Buatlah jadwal wawancara personal dengan karyawan. Dengarkan berbagai hal mengenai perusahaan dari mulut mereka, termasuk uneg-uneg, kritik, dan saran mereka untuk perusahaan. Kemudian catatlah hal-hal penting untuk dipelajari dan dibuat rumusan penyelesaian. Kumpulkan para karyawan terutama yang tergabung dalam tim kerja Anda untuk bersama-sama mencari solusi atas kinerja buruk perusahaan selama ini.

* Jangan diam di belakang meja
Tak ada salahnya Anda berkeliling mencari tahu dan melihat sendiri apa yang tengah terjadi di lingkungan kantor Anda. Cobalah berbaur dengan mereka. Sesungguhnya, pimpinan yang baik adalah jika dia tidak menjaga jarak dengan bawahannya. Oleh karena itu, jika mereka mengukur hubungan mereka dengan Anda, buatkan jarak pendek sebagai pilihan yang baik.

* Kenali bawahan
Lakukan penilaian dengan cerdas, siapa yang mampu menyelesaikan tugas sulit atau siapa yang masih membutuhkan kursus untuk meningkatkan kinerjanya. Berikan kesempatan mereka berbicara pada Anda tentang diri mereka. Mereka tentu akan sangat menyukainya dan Anda juga akan memperoleh informasi tak ternilai harganya.

* Adil
Bersikaplah lebih hati-hati dalam mengatur bawahan dan memberi intruksi serta mendelegasikan tugas. Perlakukan mereka dengan adil. Lakukan delegasi secara merata berdasarkan kemampuan mereka masing-masing. Begitu juga dalam menegur atau memberi peringatan. Jangan terkesan ada anak kesayangan atau anak emas di antara karyawan lainnya.

Secara keseluruhan, Anda harus mampu merebut simpati anak buah terlebih dulu baru kemudian bersama-sama menyelesaikan segudang masalah peninggalan pimpinan lama. Jika Anda mampu merengkuh mereka secara positif, Anda akan lebih mudah menyelesaikan masalah apapun dan mampu membuat rencana-rencana kemajuan yang lebih matang. Ingat, tim yang solid merupakan modal yang sangat berharga dalam satu komunitas kerja. Sukses untuk Anda..!

Sumber : Astaga 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: