Tangkaplah Peluang Baru!

Jika keinginan Anda begitu kuat dan tekad Anda sudah bulat, ditambah lagi Anda sangat memerlukannya saat ini, jangan ragu untuk mencobanya! Siapa tahu pekerjaan baru justru membuat Anda bahagia. Ingat, berkarir adalah kesempatan yang kadang datang tanpa diduga. Dan Anda tidak bisa bertahan seumur hidup hanya untuk menggeluti pekerjaan yang sama di satu perusahaan. Memang banyak orang melakukannya, namun jika kesempatan bagus itu datang, tangkaplah!

Tapi bagaimanapun, tetap saja harus ada pertimbangan yang cukup matang sebelum Anda hengkang. Beberapa pertimbangan berikut ini mungkin bisa membantu Anda memutuskannya:

Pikirkan baik-baik tipe pekerjaan yang dapat membuat Anda bahagia
Banyak orang yang memilih pekerjaan tanpa pemikiran serius. Tak heran bila akhirnya mereka tidak puas dengan pekerjaannya. Ingat, minat dan rasa cinta pada bidang tertentu lebih berarti dibanding tingkat kecerdasan dan bakat yang Anda miliki. Tanyakan pada diri Anda: Apa yang Anda lakukan bila bekerja tanpa gaji? Seharusnya, Anda sangat tertarik pada sebuah bidang khusus sebelum nekat terjun ke dalamnya.

Selidiki ‘lahan baru’ Anda
Jika Anda sudah memiliki visi mengenai karir baru, coba selidiki bidang tersebut dengan teliti. Temukan kualifikasi yang dibutuhkan. Carilah sumber yang tepat. Ngobrol deh dengan mereka yang berkecimpung di bidang itu dan korek informasi dari mereka. Hujani mereka dengan pertanyaan, mintalah nasihat mereka. Intinya laksanakan penelitian. Ini akan sangat membantu Anda untuk melihat secara jelas bidang tersebut.

Revisi resume Anda
Rancanglah daftar riwayat hidup yang menunjukkan berbagai kemampuan Anda. Pendek kata, resume Anda harus memperlihatkan kemampuan yang Anda peroleh dari pekerjaan sekarang mulai dari mengorganisir konferensi atau mempresentasikan konsep baru. Lalu, sertakan juga latar belakang pendidikan Anda. Semua ini harus didahulukan, diikuti dengan daftar posisi yang pernah Anda jabati. Sertakan segala jenis training yang pernah Anda jalani.

Tetap belajar
Usahakan untuk terus mendapatkan latihan sebanyak mungkin. Dengan terus belajar Anda dapat menemukan kemampuan spesifik yang Anda butuhkan dan lihatlah kesempatan untuk mendapatkannya. Entah itu kursus komputer atau bahasa kedua, desain atau seminar penanaman saham. Segala jenis training akan menambah pengetahuan Anda yang tentunya akan membantu kelancaran Anda di tempat baru!

Tangkap peluang
Ini yang paling penting. Buktikan pada diri sendiri bahwa Anda mampu dan raihlah impian yang sudah ada di depan mata.

Nah, kini Anda ngga perlu pusing tujuh keliling jika ada peluang baru. Kesimpulannya, jika Anda yakin peluang itu lebih baik, kejar dan tangkaplah! Tetapi jika kondisinya sama saja atau lebih buruk, maka lupakanlah. Yang lebih penting, jangan pernah berhenti untuk mendapatkan yang lebih baik. Sukses untuk Anda…!

Sumber : Astaga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: