Yakinlah Pada Apa Yang Anda Jual

Sebelum anda bisa menjual produk anda pada orang lain, anda harus 100 persen
menyakinkan diri anda akan produk itu. Jika tidak, anda tidak bisa menjual
dengan penuh kepastian dan betapapun anda menipunya, orang masih akan bisa
melihat keraguan itu.

Martin Shafiroff, dikenal sebagai salah satu pialang saham eceran terhebat
di dunia yang bekerja untuk perusahaan Shearson Lehman Hutton, sangat yakin
pada manfaat memiliki keyakinan.

Ia menyatakan: “Semua pebisnis hebat berhasil karena memiliki keyakinan kuat pada apa yang mereka lakukan. Pada
dasarnya, orang pertama yang harus anda yakinkan, jika anda ingin berhasil,
adalah diri ini sendiri.

Saya percaya hal ini sangat penting. Jika anda yakin pada apa yang anda
kerjakan, pihak lain yang mengevaluasi komentar anda akan breaksi seperti
itu juga. Karena alasan inilah, saya yakin seorang individu harus mencari,
yaitu mempelajari, meninjau, dan menganalisis, seluruh spektrum investasi
sampai akhirnya ia bisa mengajukan sebuah produksi dan strategi yang bisa
digunakan untuk mengembangkan keyakinan yang kuat tersebut.”

Shafiroff merasa bahwa hanya jika anda memiliki kenyakinan kuat ini, baru
anda bisa menularkan kepercayaan anda pada orang lain. Ia berpendapat bahwa
kenyakinan salesman bisa menjadi sangat kuat sampai-sampai jika itu menjual
investasi lewat telepon, investasi itu bisa dirasakan oleh pihak lain yang
berada ribuan mil jauhnya!

Bukti dari pernyataan itu adalah Shafiroff
memiliki lebih banyak klien yang merupakan presiden direktur dan jajaran
ketua dari prusahaan yang termasuk 500 daftar perusahaan di majalah fortune
jika dibandingkan dengan penjual lainnya, walaupun ia baru bertemu dengan 75
persen dari orang-orang tersebut secara pribadi.

Keyakinan muncul saat salesman begitu percaya pada nilai produk mereka
sehingga motivasi tunggal mereka adalah untuk memberikan nilai itu kepada
pelanggan. Salesman sejati di dunia lebih tertarik untuk memberikan manfaat
bagi pelanggan daripada untuk mendapatkan komisi yang besar. Jika uang
adalah kekuatan pendorong utamanya, salesman akan jarang bisa berhasil.

Calon pelanggan biasa melihat kilatan uang di mata salesman dan tanda-tanda
seperti itu tertera di seluruh wajahnya. Anda harus memikirkan kepentingan
terbaik dari pelanggan anda. Kepentingan anda haruslah dinomorduakan.
Lupakan uang; uang komisi yang besar akan otomatis keluar jika anda bisa
mencari pelanggan.

Saya menjual Chevrolet dan tentunya saya tahu ada banyak mobil yang lebih
bagus yang diproduksi. Saya benar-benar sadar bahwa mobil Chevrolet tidak
senyaman Mercedes atau BMW. Namun saya benar-benar percaya bahwa Chevrolet
memberikan nilai yang bagus untuk uang pelanggan.

Saya tahu calon pelanggan
manapun yang memiliki anggaran tertentu akan mendapatkan barang yang
nilainya sesuai dengan jumlah uangnya. Saya harus menyakini hal ini, kalau
tidak saya tidak akan mampu menjual Chevrolet.

Anda harus percaya bahwa produk anda adalah nilai yang terbaik di kelasnya.
sebuah cara yang bagus untuk menunjukannya adalah dengan mengeluarkan uang
anda dan membelinya. Saya selalu mengendarai Chevrolet, walaupun saya
melihat dealer Chevrolet mengendarai Cadillac dan mercedes ke showroom
mereka.

Tiap kali saya melihatnya, saya menjadi ingin muntah. Tentu, saya
bisa membeli rumah atau mobil manapun, tapi dengan melakukan hal itu,
pelangga saya akan berpikir: “Harry merasa dia terlalu bagus untuk mendiami
mobil yg ia jual.” “Harry merasa dia terlalu bagus untuk mendiami rumah yang
ia jual.” Menurut saya, hal itu adalah satu pesan yang bodoh.

Apapun yang anda jual, anda harus memilikinya juga. Ketika ada seorang agen
asuransi jiwa mencoba menawari saya sebuah polis seharga 500.000 dolar, saya
menanyai dia berapa banyak uang yang dia keluarkan untuk asuransi jiwanya.
“Eee.. nilai asuransi saya 25.000 dolar,” katanya dengan suara rendah.

Setelah komentar itu, apapun yang akan ia katakan, tidak bisa membuat saya
percaya padanya. Tidak peduli apakah ia memiliki produk bagus yang saya
butuhkan. Dengan emosional, saya tidak merasa nyaman bersamanya.

Beberapa minggu kemudian, saya mengajukan pertanyaan yang sama ke agen asuransi jiwa
lain yang secara jujur menjawab, “Saya mempunyai polis satu juta dolar.” Ia
mengatakannya dengan penuh kenyakinan sehingga saya tahu ia yakin dengan apa
yang ia jual pada saya dan saya membeli polis yang cukup besar darinya.

Menunjukan kepercayaan anda pada apa yang anda jual adalah masalah mendasar
dan ini bisa diterapkan pada semua produk, tidak hanya real-estate atau
otomotif. Bayangkan jika anda masuk ke toko pakaian laki-laki yang bagus dan
mendapati petugasnya yang menunggui anda berpakaian denga setelan yang
murah. Atau mendapati wanita di balik counter kosmetik yang tidak memakai
make-up. Atau seorang wakil dari pusat fitness yang mencoba menawari anda
keanggotaan seumur hidup tapi malah bertubuh sedikit kegemukan.


BEST REGARD

GUFRON HAKIM (algufron@gmail.com)

Tinggalkan Balasan

