Ajukan Gagasan Secara Cerdas!

Astaga!Karir –

Agar gagasan bisa diterima, ikuti beberapa saran untuk mengajukan gagasan berikut ini:

* Usahakan agar gagasan itu bersifat tulus untuk kepentingan organisasi, bukan untuk kepentingan pribadi. Pikirkan berbagai aspek dan dampaknya. Misalnya, jangan sampai orang lain mencium usaha Anda sebagai upaya menjilat atasan, mencari muka, atau mendepak orang lain.

* Upayakan agar orang lain merasa bahwa gagasan itu hasil pikiran mereka juga. Dalam hal ini perlu banyak komunikasi dan pendekatan. Gunakan pendekatan pribadi dan informal, terutama dengan atasan, sebab dia akan mau mendengar Anda. Cara menyampaikannya juga harus sopan dan tidak merendahkan. Intinya, usahakan agar dia dan rekan-rekan yang lain merasa ikut serta dalam gagasan itu.

* Anda harus siap jika kemungkinan gagasan Anda akan diakui oleh atasan Anda sebagai gagasannya. Bersikaplah suportif, sebab dengan cara itu dia juga akan “menggunakan” Anda. Berikanlah gagasan Anda sebaik mungkin untuk mendukung atasan Anda. Barangkali itulah jenjang karir Anda sebelum sampai pada yang jenjang yang lebih tinggi.

* Gunakan data yang baik dan obyektif. Kalau perlu sertakan data pembanding dengan organisasi lain. Jadi, dalam organisasi, keberhasilan mengajukan gagasan baru terletak pada cara Anda menggalang kerjasama baik formal maupun informal dengan orang lain, baik itu atasan, rekan maupun bawahan Anda.

Anda tertarik mencobanya? Atau Anda punya cara lain? Apapun cara Anda, pada intinya yang pertama Anda lakukan, Anda harus mengupayakan keberanian mengungkapkan ide. Selamat mengungkapkan gagasan…!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s