Lakukan Aktivitas Sosial di Kantor

Astaga!Karir –
Bagi sebagian besar karyawan, pergaulan merupakan bagian utama dalam kehidupan sosial mereka. Jika Anda termasuk diantaranya, tentu Anda selalu berpartisipasi dalam kehidupan sosial di kantor. Memang, ada saja orang yang kurang ‘cerdas’ beinteraksi di lingkungan kantor, tetapi bagaimanapun akan lebih baik jika Anda membuka interaksi yang luas dengan rekan-rekan kantor Anda.

Ada hal-hal yang kedengarannya sepele namun dapat membantu Anda dalam menjalani kehidupan sosial di lingkungan kerja Anda. Berikut ini hal kecil yang dapat Anda lakukan untuk menunjang aktivitas sosial Anda di kantor:

* Ingatlah nama kecil rekan-rekan Anda
Memanggil rekan-rekan sejawat dengan nama kecilnya merupakan ekspresi keramahan dan keakraban. Dengan demikian, akan terjadi hubungan yang lebih luwes dan familiar. Jika posisi rekan Anda lebih tinggi atau lebih tua, mungkin Anda bisa mendahului dengan sebutan Bu atau Pak di depan nama kecilnya, kecuali jika yang bersangkutan tidak keberatan hanya dipanggil nama kecilnya.

* Jangan panggil bos hanya dengan namanya
Biarpun Anda cukup akrab dengan bos, Anda perlu memanggilnya dengan cara yang lebih resmi untuk menghormatinya, apalagi dalam suasana resmi seperti rapat, konferensi, jamuan makan, dll. Panggillah bos Anda dengan awalan Bu, Pak, Saudara, Saudari.

Atau panggil dengan sebutan gelar atau pangkatnya seperti Dokter, Doktor, Profesor atau Mayor, Jenderal, dll. Pemanggilan ini bukan untuk pengecualian atau membuat ‘jurang’ antara anak buah dan bos tetapi untuk memelihara efektivitas dan status si boss, karena biar bagaimanapun, bos adalah atasan Anda.

* Gunakan waktu makan siang untuk memperluas hubungan
Setiap hari kerja, Anda diberi waktu satu sampai satu setengah jam untuk beristirahat. Waktu istirahat ini biasanya digunakan untuk makan siang. Dan untuk memperluas hubungan Anda, makan siang bersama rekan-rekan di luar atau di restoran lebih baik daripada anda makan sendirian.
Karena dengan demikian, Anda bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan rekan sejawat ataupun dengan rekan dari kantor lain. Hal ini tidak bisa leluasa dilakukan di saat jam kerja bukan? So, waktu makan siang tepat untuk memperluas hubungan sosial Anda di kantor.

* Dengarkan gosip
Gosip adalah berita tentang orang lain dan satu hal yang masih belum jelas kebenarannya. Misalnya siapa yang akan dipecat, siapa yang akan naik pangkat, apakah di kantor akan ada PHK atau tidak, dll. Gosip ini bisa berisi berita gembira bisa juga berita buruk, bisa benar maupun salah.

Karena gosip ini merupakan cara tidak resmi untuk menyebarluaskan desas-desus, penghinaan, pendapat, juga hal-hal nyata tentang orang lain. Bagi sebagian orang, gosip adalah kegiatan penting di waktu senggang. Tapi, gosip ini tidak bisa begitu saja dihindarkan.

Di setiap kantor pasti ada satu atau dua orang yang hobi bergosip. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah ikut mendengarkan gosip yang ‘kebetulan’ Anda dengar. Bersikaplah santai jika mendengar gosip. Jangan terkesan antusias mendengar gosip apalagi sampai ikut-ikutan menyebarluaskannya.

Tetapi juga jangan terkesan menghindarinya. Karena gosip adalah bagian dari kehidupan nyata di kantor, yang mungkin di satu sisi bermanfaat bagi Anda.

* Datanglah ke pesta
Pesta kantor merupakan hal penting yang akan membuka kesempatan pada Anda untuk membina persahabatan dengan rekan-rekan kantor dalam suasana yang lebih santai. Kadang, kesempatan ini bagus juga untuk mengetahui kehidupan dan penampilan rekan Anda yang lain seperti resepsionis, sekretaris, programmer, dll di luar jam kantor.

Anda dapat belajar banyak di sana, jadi datanglah ke pesta dan bersenang-senanglah. Begitu juga jika rekan atau relasi Anda mengundang pada pesta yang diadakannya misalnya pesta pernikahan, ulang tahun, dll. Tak ada salahnya Anda hadir dalam pesta tersebut sekedar untuk menghormati undangan dan menjalin tali silahrurahmi.

* Berikan Sumbangan
Suatu saat Anda akan dimintai sumbangan untuk keperluan tertentu, misalnya sumbangan untuk karyawan yang ayahnya baru saja meninggal dunia atau sumbangan untuk membeli cindera mata untuk rekan yang akan pensiun.

Jangan dinilai secara materi, tetapi kebijakan yang terkandung dalam memberikan sumbangan itu akan memperkuat komitmen Anda pribadi dalam lingkungan kantor. Jangan sampai Anda dicap pelit karena ogah mengeluarkan sedikit dana.

Beberapa hal di atas hanyalah sebagian dari cara memperluas hubungan di kantor. Dan hal ini berguna bagi Anda yang kesulitan membina pergaulan di kantor. Hal lainnya mungkin bisa Anda kembangkan dengan cara Anda sendiri.

Secara langsung atau tidak, kemampuan Anda bersosialisasi dan berinteraksi di kantor akan menunjang kelancaran karir Anda, seperti memperlancar promosi jabatan, dll. Nggak percaya? Coba aja…!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: