Memuji Secara Tepat dan Efektif

Astaga!Karir –
Bahkan sebuah survey karyawan mengungkapkan bahwa pujian dari bos pada karyawannya di saat mereka sukses menyelesaikan suatu pekerjaan, bagaikan sebuah bonus yang sanggup memotivasi melebihi bonus berupa uang sekalipun. Namun sayangnya, masih menurut survey, banyak bos atau atasan yang tidak tahu cara memberikan pujian secara efektif.

Nah, bagi Anda para atasan coba deh pelajari cara memberikan pujian secara efektif. Seorang pakar yang cukup ahli memotivasi karyawan, Bob Nelson, punya tips yang bisa Anda pertimbangkan:

– Sesegera mungkin
Pujian perlu segera Anda sampaikan pada anak buah begitu mereka menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang sesuai dengan harapan Anda. Percaya deh, walaupun mengaku tak mengharapkan pujian, tapi para karyawan sebetulnya menanti-nantikan pujian itu keluar dari mulut bosnya. Semakin cepat Anda memuji, semakin cepat pula mereka merespon untuk berbuat lebih baik lagi.

– Tulus
Ketulusan Anda dalam melontarkan pujian akan tercermin lewat sikap, mimik, dan bahasa tubuh. Kata-kata pujian yang Anda ucapkan akan terdengar hambar dan basi jika tidak diucapkan dengan tulus. Biasanya, anak buah yang ‘peka’ akan mengetahui, apakah pujian Anda tulus atau tidak. Maka jika Anda ingin memuji, lakukanlah dengan tulus. Jika cuma basa-basi lebih baik nggak usah. Karena pujian yang tulus menandakan Anda sangat menghargai keberhasilan karyawan.

– Sejelas mungkin
Pujilah secara jelas, agar anak buah mengetahui apa saja hasil kerjanya yang sudah bagus dan mana yang tidak. Misalnya “Proposal kerjasama yang kamu buat untuk PT. Sinar Maju bagus sekali…”. Kalimat ini jauh lebih jelas daripada “Pekerjaan kamu bagus..!”

– Lakukan secara pribadi
Memberikan pujian secara pribadi kepada karyawan dapat menimbulkan kebanggaan dan motivasi tersendiri. Karena pujian secara pribadi yang dilakukan secara ‘empat mata’ menunjukkan bahwa apa yang dilakukan oleh karyawan tersebut sangatlah penting.

– Proaktif
Bersikaplah lebih prokatif dalam memuji. Jangan hanya proaktif dalam mencari kesalahan karyawan. Memergoki karyawan ketika tengah mengerjakan tugas dengan baik lalu Anda memuji secara spontan perlu juga Anda lakukan. Walaupun karyawan akan tersipu malu tapi dalam hatinya tentu akan senang dan bangga dipuji oleh bosnya secara spontan.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah tahu teknik memuji secara efektif? So, bagi Anda yang ‘pelit’ pujian atau selalu ragu memuji anak buah, mulailah berikan pujian Anda. Percaya deh, pujian yang disampaikan dengan tepat tidak akan membuat mereka besar kepala. Justru sebaliknya pujian ini akan berdampak positif pada hasil kerja mereka. Selamat memuji…!

Iklan

Satu tanggapan untuk “Memuji Secara Tepat dan Efektif

  1. Trimakasih banyak, masukan yg sangat bagus skali, krn saya termasuk org yg lg belajar memuji, ya tahap pertama andalah yg pertama sy puji.. memang agak sulit klo bukan dr skr kapan lg akan dcoba..

    ☺˚˚°º(*)(*)τ♓λ∏ĸ γºů(*)(*)º°˚☺

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s