Dimanakah tempat paling bahagia di dunia..??

Jangan berpikir kebahagian bisa diukur dari jumlah uang atau materi yang kita miliki. Kondisi yang serba minim justru bisa membuat orang bahagia.

Hasil yang diperoleh oleh lembaga pengkajian The New Economics Foundation (NEF) baru-baru ini menetapkan negara kepulauan Vanuatu yang terletak di pasifik selatan sebagai tempat paling bahagia di bumi.

Penilaian tersebut disusun berdasarkan tingkat pengeluaran masyarakat, usia harapan hidup dan tingkat kebahagiaan, bukan dengan tolok ukur kesuksesan ekonomi suatu negara seperti produk domestik bruto (PDB).

Tujuan penelitian ini adalah memperlihatkan bahwa kebahagiaan tidak harus terkait dengan kekayaan dan tingkat pengeluaran yang tinggi.

“Vanuatu adalah negara kepulauan kecil di Pasifik Selatan dengan penduduk 209.000 orang dan bukan negara kaya. Perekonomiannya tergantung pada pertanian berskala kecil dan industri pariwisata.”

PDB Vanuatu hanya menempati peringkat ke-207 dari 233 negara. Namun, masyarakat negeri ini hidup bahagia. Marke Lowen dari Vanuatu Online, koran online negeri kecil itu mengatakan rakyat Vanuatu bisa bahagia karena terbiasa dengan kondisi yang serba minim.

“Kami bisa bahagia karena masyarakat puas dengan kondisi yang serba terbatas,” katanya pada harian Guardian.

“Kami bukan masyarakat yang konsumtif. Kehidupan kami di sini berkisar tentang keluarga, teman dan berbuat baik untuk orang lain. Vanuatu adalah tempat Anda tak pernah merasa khawatir. Kami hanya khawatir pada angin topan dan gempa bumi,” ujar Marke lagi.

“Peringkat lima besar tempat paling bahagia di bumi, diisi oleh negara-negara Amerika Latin dan Tengah serta Karibia, yaitu; Kolombia, Kosta Rika, Dominika dan Panama.”

Indonesia posisi berapa? Ternyata masyarakat Indonesia dinilai cukup bahagia, karena menempati peringkat ke-23. Namun, Filipina berada di posisi ke-17 dan Thailand di posisi ke-32.

Sumber : Kaskus

Satu tanggapan untuk “Dimanakah tempat paling bahagia di dunia..??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s