Fitur Pencarian di Google

Pencarian Gambar

Untuk mencari gambar, klik http://www.google.com/imghp?hl=id.
Masukkan kata pencarian, dan klik tombol Cari.

Pencarian File PDF

Jika Anda lebih memilih untuk melihat sekelompok hasil pencarian tanpa links PDF, ketik saja -filetype:pdf dalam kotak pencarian bersama dengan kata-kata yang Anda cari.

Temukan Siapa yang Terhubung dengan Anda

Beberapa kata, jika diikuti oleh sebuah titik-dua, mempunyai arti khusus bagi Google. Satu kata itu bagi Google contohnya adalah kata link: operator. Pencarian link: akan menampilkan semua halaman yang menunjuk pada URL itu.

Sebagai contoh, link:www.google.com akan menampilkan semua halaman yang menunjuk ke homepage Google. Anda tidak bisa menggabungkan pencarian link: dengan satu kata kunci pencarian.

Halaman Mirip

Jika Anda mengklik link “Halaman mirip” untuk mendapatkan hasil pencarian, Google secara otomatis membimbing ke halaman-halaman web yang berhubungan dengan hasil ini.

Link “Halaman Serupa” punya banyak kegunaan. Jika Anda menyukai isi suatu situs, tapi berharap agar lebih banyak lagi yang dipaparkan, link ini dapat menemukan situs-situs dengan isi yang serupa yang mungkin tidak Anda ketahui. Jika Anda mencari informasi produk, “Halaman Serupa” dapat menemukan informasi yang bersaing untuk Anda, sehingga Anda dapat menemukan tawaran yang terbaik.

Jika Anda tertarik pada penelitian di suatu bidang, ia dapat menolong Anda menemukan sejumlah besar bahan referensi dengan cepat, tanpa menghabiskan waktu untuk memikirkan kata kunci apa yang mungkin digunakan dalam situs-situs tersebut.

Google menemukan halaman yang mirip bagi jutaan halaman web. Meski demikian, semakin khusus suatu halaman web, semakin sedikit hasil yang bisa kami temukan untuk Anda. Contohnya, Google mungkin tidak mampu menemukan halaman-halaman yang berhubungan dengan homepage pribadi Anda, jika homepage itu tidak mempunyai cukup informasi yang bisa dihubungkan dengan halaman-halaman lain.

Juga, jika perusahaan menggunakan begitu banyak URL untuk halaman-halaman mereka (seperti google.com dan http://www.google.com), mungkin hanya sedikit informasi pada satu URL tetapi lebih banyak pada URL lain. Secara umum “Halaman Mirip” berhasil dengan baik pada sebagian besar halaman web.

Pembatasan Domain

Beberapa kata, jika diikuti oleh sebuah titik-dua, mempunyai arti khusus bagi Google. Salah satu contohnya adalah kata “site:”. Untuk mencari sebuah domain atau situs khusus, gunakan sintaks “site:sampledomain.com” pada kotak pencarian Google.

Sebagai contoh, untuk menemukan informasi pers di situs Google, masukkan: press site:www.google.com

Saya Merasa Beruntung

Tombol “Saya sedang Beruntung™” secara otomatis membawa Anda langsung ke halaman pertama hasil pencarian. Anda tidak akan melihat hasil pencarian yang lain. Pencarian “Saya Sedang Beruntung” artinya membutuhkan waktu lebih sedikit untuk mencari halaman web dan lebih banyak waktu untuk memperhatikannya.

Sebagai contoh, untuk menemukan homepage Universitas Stanford,masukkan saja Stanford ke dalam kotak pencarian dan klik tombol “Saya Sedang Beruntung”. Google secara langsung akan membawa Anda ke “www.stanford.edu”, homepage resmi Universitas Stanford.

Sumber : Google

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: