Nostalgia Puasa di Masa Kecil

Berikut beberapa nostalgia teman-teman saat berpuasa waktu kecil dulu. Bagaimana dengan anda?

Muni Lestari :

Saya ingat waktu kecil dulu, susahnya melakukan puasa Ramadhan, mesti dibujuk, di’sogok’ atau diiming-imingi baju baru. Apalagi pas makan sahur, alamak sulitnya mata terbuka

Kadang sampe digendong dan didudukan di meja makan dengan mata masih terpejam. Tak pernah lelah orang tua mengajar kita berpuasa. Bisa minum sirup dan makan roti setiap buka puasa (utk ukuran keluarga kami yg sederhana itu termasuk mewah.

NC :

Dulu favorit sy juga roti tawar pake sirop pisang ambon. Slurff.. Sore2 kita ke ujung jalan , tempat tukan es batu balokan. beli es batu sepotong, diiket tali.  Habis tarawih , perang petasan dimulai. petasannya gede2.

Habis shubuh, keliling kampoeng cari kembang duren , daun cincau n kecapi. Pernah jalan sampe stasiun Kalibata nyari biji karet. Hhhm, dulu juga puasa ngeludah terus ya, soalnya digosipin klo nelen ludah batal katanya.

Resti :

Dulu, masih kecil suka nabung makanan. sama ibu disuruh disimpan, buat buka katanya. Padahal kawan2 saya banyak yang ga puasa. Walau disimpan dan ditutup pake tudung, sebuah bakwan bisa bikin ngiler saya. Kalo ibu lagi tidur, bakwannya dicuil dikit2. Hehehehe

Terus kelas 3 SD gara2 sering beli asinan abis pulang taraweh, lebaran yang mestinya senang-senang buat anak kecil, saya malah tepar kena tipes di RS. Hiks….

Achmoko :

Semasa kecil dulu, selesai sahur & sholat subuh, pada sepeda-an rame-rame menembus hutan jati. Kadang di lain hari, ngikutin kakak berburu tupai pakai senapan angin yg memangsa buah kelapa di kebon tetangga. Sementara sy pake ketapel batu, klo kena jidat sakit bo’..

Sorenya, masih maen sepeda-an ke kebon murbei, di sekitar pabrik ulat sutera (sampe skrg msh ada pabriknya), sambil ngumpulin buah murbei yg masak. Di perbatasan kebon murbei & hutan jati, ada sungai berbatu yg airnya jernih, jadilah mandi bareng di sungai sampe menjelang maghrib. Padahal di aliran atas sungai ada yg mandiin sapi 😛

Klo pas mudik sm anak2, sy suka ngajak2 anak2 & istri napak tilas tempat main ayah-nya dulu, biar tahu klo ayahnya dulu adalah anak hutan 😀

Roses Man :

Klo ane favoritnya bulan puasa itu, ngabuburitnya jauh2. Yg paling sering kl pas SD itu ngabuburit maen di stasiun depok baru, jalan kaki ma temen2 dari rumah. trus maen2 di lantai atas depok baru.

Kl cape tinggal rebahan. kl gak, dari rumah dah bawa tutup botol lindesin deh ke krl yang lewat. Malah kadang2 masih ada yg krd ngepul yg lewat. Kl gak ke stasiun depok baru, maen ke daerah
tanah baru…… Sepedahan ma temen2…. dulu sih masih ijo2 banyak sawah……

Erwin :

jaman SD paling sering ngakunya puasa di rumah….diluaran mah 1 botol teh manis masuk…
kalo ngabuburit lebih seneng maen ke stasiun Kramat…

atau paling jauh Gang Sentiong…. trus…waktu pindah ke daerah jakarta timur…senengnya malah ngadu jangkrik…..whoahhh jahiliyah banget pokoknya….

Abu Iyan:

Konon, puasa itu sangat berat dikerjakan jika pada waktu kecil tidak pernah dilatih di lingkungan keluarga (dan juga masyarakat sekitar). Oleh karena itu, kita patut berhutang budi pada para orang tua kita saat melatih puasa di kala kecil itu.

Rumah nenek saya terbuat dari bilik, tapi kenikmatan berpuasa masih sangat membekas. Masakan sambal bajaknya masih belum ada yang mengalahkan baik ibu maupun isteri. Uniknya, sambal bajak ini dihidangkan cuma saat puasa Ramadhan!

Malam-malam dibangunkan cuma dengan suara “gorengan” dan aroma sambal bajak yang menyengat tercium di seantero rumah. Ditemani dengan biskuit dan kadang susu hangat. Hmmmm …..

Winda:

Dulu waktu kecil, paling seneng banget kalo dah masuk bulan puasa… bisa ikutan sanlat, trus tarawih bareng temen2 (walaupun waktu SD tarawihnya banyakan gak serius). Habis sahur paling seneng kalo ada kuliah subuh walaupun sambil ngantuk2 di mesjid.

Buka puasa juga semangat banget.. masih setengah jam ke waktu berbuka, udah nongkrongin meja makan, nunggu makanan lezat buatan mama tercinta.. slllrrppp… miss u mom…

Meningkat ke jaman SMP, kayaknya deg2an aja kalo di mesjid pas mau tarawih ketemu kecengan.. hahaha…. dasar jaman2 cinta monyet, cupu abiissss…..

Noe Mbeem:

Pas jaman bocah, paling senang ngumpulin makanan wat buka.. segala macam ada.. hehehehe.. mulai dari kolak, asinan, kerupuk mie yang gede2, biji salak,es rumput laut sampe bingung yang mo dimakan duluan apa..

Klo sore sambil nunggu buka, biasanya main tapak gunung ato enggak main kasti. klo dah haus banget,langsung deh kumur2 sebanyak mungkin, klo g sengaja ketelen airnya, anggap aja rejeki..hahahaha..

Pas tarawih, paling senang klo udah dekat ceramah.. bisa jajan somay, batagor, jagung bakar. abis itu main petasan deh dekat mesjid.. siap-siap lari klo di omelin sama penjaga mesjid.. seru abis

*kangen main petasan cabe rawit sama petasan kentut lagi ^^

Sumber : KRL Mania

Iklan

2 Tanggapan

  1. hehehe pengalaman puasa waktu kecil ya sob ^^ hehehe,nice story sob,lam kenal ya ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: