Bahasa Indonesia Dipelajari di 45 Negara !!

Bahasa Indonesia kini mulai dipelajari oleh 45 negara di dunia. Negara yang mempelajari bahasa tersebut di antaranya adalah: Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya.

Bahasa Indonesia menjadi bahasa popular keempat di Australia. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia di sana. Bahkan anak-anak murid kelas 6 sekolah dasar di sana sudah mahir berbahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh, Vietnam

Ho Chi Minh adalah ibukota negara Vietnam. Menurut seorang diplomat Indonesia. Pada bulan Desember 2007 Pemerintah Daerah Kota Ho Chi Minh, Vietnam, secara resmi mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh.

Selain itu Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk periode 2007-2008, Irdamis Ahmad di Jakarta mengatakan, “Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan,”

Salah satu penyebab bahasa Indonesia begitu diminati oleh bangsa Vietnam antara lain karena kemungkinan meningkatnya hubungan bilateral antara Indonesia dengan Vietnam di masa depan.

Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia.

Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sedangkan di tingkat Asia kita berada di peringkat tiga, setelah Jepang dan Mandarin.

Bahasa Indonesia bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada wordpress.

Fakta bahwa setelah Spanyol, Bahasa Indonesia adalah Bahasa yang menempati urutan ketiga yang paling banyak digunakan dalam posting-posting WordPress. Indonesia pun adalah negara kedua terbesar di dunia yang pertumbuhannya paling cepat dalam penggunaan engine blog itu.

Dalam 6 bulan terakhir tercatat 143.108 pengguna baru WordPress dari Indonesia dan telah ada 117.601.633 kunjungan melalui 40 kota di Indonesia.

Itu tadi beberapa fakta akan keberadaan bahasa Indonesia di Internet dan Dunia. Saya harap dengan bukti ini bangsa Indonesia menjadi lebih cinta dengan bahasa Indonesia.

Lantas, bagaimana dengan pernyataan saudara Bayu Sutrisno mengenai bahasa Indonesia adalah bahasa tersulit ke tiga di dunia? Untuk berita ini belum saya dapatkan kebenarannya, namun salah seorang peserta forum animegic mengatakan bahwa menurut penelitian lembaga bahasa di dunia, dilihat dari segi gramatikal dan kompleksitivitasnya bahasa-bahasa yang dianggap sangat sulit di dunia adalah :

1. Bahasa Ibrani (bahasa kaum Yahudi)
2. Bahasa Yunani
3. Bahasa Latin
4. Bahasa Jepang
5. Bahasa Korea

Sementara bahasa indonesia secara mengejutkan menempati bahasa tersulit ke 15 di dunia, diakibatkan terlalu banyaknya partikel dan pengindahan tata aturan bahasa.

Namun sumber tersebut belum pasti karena hanya diungkap melalui forum, meski begitu terlepas dari benar tidaknya bahasa Indonesia sebagai  bahasa tersulit kelima belas atau pun bahasa tersulit ketiga di dunia, sebagai warga Negara Indonesia yang baik hendaknya kita junjung bahasa tersebut, kita lestarikan bahasa Indonesia meski ancaman kebudayaan asing semakin besar.

Mari bersama penuhi sumpah pemuda. Semoga bahasa Indonesia semakin jaya. Amin.

Sumber : Kaskus

Iklan

7 tanggapan untuk “Bahasa Indonesia Dipelajari di 45 Negara !!

  1. Apa bezanya bahasa Indonesia dengan bahasa Melayu di malaysia. karena menurut kajian, bahasa melayu itu di indonesia disebut sebagai bahasa indonesia, tatapi di malaysia ia disebut bahasa malaysia. Di brunei ia disebut sebagai bahasa melayu..begitu juga di singapura.

    1. .
      he he he .. ya jelas beda lah .. giman abang ini …
      .
      bahasa melayu jelas beda dengan bahasa indonesia ..

      rumah bersalin : hospital korban lelaki
      pertanian : cucuk tanam
      jalan di tempat : hentak-hentak bumi
      tiarap : bersetubuh dengan bumi
      kopi : air hitam

      banyak lagi .. ada-ada saja abang ini.

      jangan asal komment ah ..

      malu !

  2. bahasa indonesia, malaysia, brunei, singapura adalah bahasa yang sama kalau apa yg disebut saudara panji terlalu kerdil rasanya karena malaysia baru berdiri 1957, indonesia 1945, brunei 1981, singapura 1967 jd istilah muncul setelah bangsa melayu merdeka..utk malaysia mereka kebanyakan sudah mengadopsi istilah ingris, indonesia belanda dan jg oleh konsensus bersma.perkembangan bahasa melayu ini secara garis besar terjadi dlm bbrp phase, melayu purba(era pra sriwijaya),era sriwijaya(pada masa ini terjadi penyamaan bhs di hampir ras melayu di sumatera, semenanjung,patani(thailand),brunei,sampai jawa tengah terbukti dr bbrp prasasti di jawa tengah bukitnya berdiri tegaknya borobudur, pada awalnya di jawa adalah hindu terjadi pergeseran ke arah timur hgg bali.bhs jawa sendiri pada intinya mengadopsi 80% bhs senskerta …arti kata,selanjutnya pada era pengaruh islam..terjadi perluasaan penggunaan bahasa melayu dialek sriwijaya krn saat itu bhs terbanyak digunakan oleh penutur gaya bahasa sriwijaya.shhg ulama aceh menggunakan dakwah dg gaya bahasa melayu sriwijaya, shgg zaman itu mulai terbentuk kerajaan islam.malaka merupakan titisan raja sriwijaya merupakan target utama ulama aceh shhg mencapai …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s