Bikin Acara Amal Abal-abal, Pemuda Singapura Untung Rp 692 Juta

Foto : The Straits Times

Nekat sekali Rajendren Rajamani. Ingin memperkaya diri, pemuda asal Singapura ini pun rela menghalalkan segala cara, salah satunya dengan menggelar acara amal abal-abal. Berkat aksi gilanya itu, Rajendren mendapatkan lebih dari Sing $ 100.000 dolar (sekitar Rp 692 juta) dari 3 acara donasi publik gadungan yang dibuatnya.

Rajendren menggunakan dokumen palsu termasuk laporan audit palsu untuk menutupi aksi bohongnya itu. Namun hal itu tak berlangsung lama. Setelah terbongkar kedoknya, Rajendren kini harus meringkuk di penjara selama 5,2 tahun. “Sebuah cara pencegahan sangat penting untuk kasus seperti ini,” ujar hakim Eddy Tham seperti dilansir The Straits Times , Rabu (19/8/2009).

Rajendren telah mondok selama 8 bulan di penjara karena ia tidak dapat memberikan uang jaminan $ Sing 70.000 (Rp 484 juta). Hakim juga meminya agar ia tidak dapat menjadi pimpinan perusahaan selama 5 tahun setelah ia keluar dari penjara nantinya.

Rajendren dianggap telah menggunakan kebaikan dan kedermawanan masyarakat untuk memperkaya dirinya sendiri. “Dia tidak memperlihatkan penyesalan dan melanjutkan aksi penipuannya ketika pemantau amal memperhatikan kegiatannya,” kata Eddy.

Penipuan Rajendren terbongkar setelah The Straits Times mendatangi Children of Singapore Foundation yang dipimpin Rajendren pada tahun 2006. Ketika dikunjungi, lembaga tersebut tidak memiliki pekerja dan hanya sedikit penerima amal namun secara aktif dana amal senantiasa meningkat.

Selain Children of Singapore Foundation, 2 lembaga fiktif lain milik Rajendren yaitu Yayasan Leukimia Anak dan Klub Matahari Bersinar Karena terbukti tidak ada aksi nyata dari lembaga-lembaga sosial tersebut, Komisi Amal akhirnya menutup ketiga lembaganya pada tahun 2007.

Sumber : Detik.com

Iklan

Satu tanggapan untuk “Bikin Acara Amal Abal-abal, Pemuda Singapura Untung Rp 692 Juta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s