Bila Si Kecil Hilang di Mal

Si kecil tiba-tiba hilang ketika Anda tengah asyik berbelanja? Anda pasti sangat panik. Apakah anak Anda tahu apa yang harus dilakukannya? Bagaimana dengan Anda sendiri, tahukah apa yang harus Anda lakukan?

Untuk menghindari masalah seperti ini, mungkin ada baiknya Anda mulai membekali anak mengenai hal-hal sederhana yang perlu dilakukan jika akan berbelanja di mal. Dengan demikian, acara berbelanja Anda menjadi aman dan jauh dari panik. Jika pun Anda terpisah dari anak, si kecil tahu apa yang harus dilakukannya.

1. Pastikan anak mempunyai nomor ponsel Anda, dan pasang nomor tersebut di tempat yang mudah terlihat dan aman (di saku baju anak, misalnya). Tujuannya agar memudahkan orang lain untuk menghubungi Anda bila terpisah dari anak.

2. Ajarkan anak untuk mencari ibu-ibu bila mereka memerlukan bantuan. Para ibu mudah ditemukan, dan pasti tidak akan segan-segan untuk membantu. Bahkan anak usia 2 tahun dapat mengidentifikasikan apakah orang tersebut seorang ibu atau bukan.

3. Pakaikan baju berwarna mencolok, seperti kuning atau hijau. Anda akan dapat melihatnya dengan mudah di tempat yang ramai, dan orang lain pun dapat membantu Anda dengan mudah bila diperlukan.

4. Selalu membawa foto anak yang terbaru dan di belakangnya tuliskan tinggi, berat badan, warna rambut, dan matanya. Cantumkan juga tanda-tanda khusus yang dimiliki oleh anak Anda, misalnya tahi lalat di pipi kiri atau memakai kacamata.

5. Ingatkan anak untuk tidak berada jauh dari Anda. Ucapkan selamat bila mereka mengikuti perkataan Anda. Anda dapat melatihnya setiap saat bila mengajaknya bepergian ke tempat umum lainnya. Dukungan yang positif merupakan alat mengajar yang terbaik.

6. Bila kehilangan anak, segera hubungi pegawai toko, satpam, atau pengelola gedung. Bila curiga anak dalam bahaya, segera hubungi polisi.

7. Rayakan pertemuan kembali. Jangan memarahi si kecil bila mereka sempat hilang karena bila hal tersebut terjadi kembali, anak akan memilih untuk tetap hilang daripada diomeli habis-habisan. Bahkan setelah ia ditemukan kembali dengan aman dan cepat pun, kejadian itu akan membekas di dalam dirinya dan bisa menjadi pengalaman traumatis, baik bagi si anak maupun orangtuanya.

Sumber : Kompas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s