Ibukota Twitter Asia : Jakarta !!

Jakarta Ibukota Twitter Asiahttps://supermilan.wordpress.com
Fenomena menjamurnya pengguna Twitter di Indonesia cukup terasa pesat akhir-akhir ini. Dari anak sekolah, mahasiswa, pekerja kantoran, figur publik, politikus, sampai menteri pun sudah terjamah layanan mikroblog yang satu ini. Nyaris seperti tren Facebook pada tahun 2008.

Lembaga pemerhati media sosial, Sysomos, mencatat perkembangan signifikan penggunaan Twitter di tanah air. Melalui pengamatan sepanjang Oktober – November 2009, Sysomos baru saja melansir laporan 20 besar negara & kota dengan jumlah pengguna Twitter terbanyak.

Media Promosi Usaha @ http://MediaPromosiUnik.JawaraShop.com

Jakarta : Peringkat 6 dunia, No. 1 di Asia

Hasilnya? Indonesia secara mengejutkan muncul di peringkat ke-6, paling tinggi di antara negara-negara Asia lainnya. Tercatat sebesar 2,41% dari total tweeps (sebutan bagi pengguna Twitter) ada di negara kita. Padahal tengah tahun lalu, besarnya cuma kurang dari 0,5%. Artinya terjadi peningkatan lebih dari 5x lipat.

Sementara itu dari pemeringkatan berdasarkan kota, Jakarta menduduki tempat ke-13 dengan share 0,58% dari total tweeps. Dalam daftar peringkat, hanya ibukota negara ini dan Tokyo yang mewakili benua Asia. Tokyo sendiri hanya berada di tempat ke-15 dengan share 0,56%.

Jika dilihat dari jumlah kontribusi tweets, Indonesia dan Jakarta juga mencatat hasil mengesankan. Para tweeps Indonesia menyumbang 2,34%, nomor 6, dari total tweets yang dikirim pengguna Twitter di seluruh dunia. Khusus tweeps asal Jakarta, share 0,8% berhasil diperoleh dan menduduki posisi ke-11 di antara kota-kota sedunia.

Sepertinya komunitas JTUG (Jakarta Twitter User Group) bisa berbangga atas hasil ini. Lagi-lagi, tidak ada negara dan kota di Asia lainnya yang melebihi pencapaian kita. Maka sah saja kiranya jika kita menasbihkan Jakarta sebagai ibukota Twitter Asia.

Dari laporan Sysomos pun diketahui, Brazil juga mencatat peningkatan signifikan dalam jumlah pengguna Twitter. Dari awalnya 2% pada pertengahan 2009, kini telah mencapai 8,79% dan langsung nangkring di peringkat runner-up. Posisi pertama masih dihuni Amerika Serikat dengan persentase lebih dari 50%.

Laporan Sysomos selengkapnya bisa dilihat di alamat berikut ini: http://blog.sysomos.com/2010/01/14/exploring-the-use-of-twitter-around-the-world.

Jual Sandal Nama @ http://SandalNama.JawaraShop.com

Twitter Terbantu oleh Fenomena Blackberry

Maraknya Twitter di Indonesia sepertinya terbantu oleh laris-manisnya penjualan BlackBerry di tanah air. Selain via BlackBerry Messenger (BBM), rupanya komunikasi melalui Twitter dirasa lebih menyenangkan. Akibatnya kadang Twitter disalahgunakan dari fungsi aslinya sebagai mikroblog, menjadi tak ubahnya ajang chatting.

Namun bagaimanapun, prestasi ini dapat dianggap salah satu potensi unggulan. Jika dimanfaatkan dengan lebih maksimal, bisa jadi Twitter diberdayakan sebagai alat promosi nasional. Lihat saja berbagai topik asal Indonesia yang pernah masuk trending topics, seperti #indonesiaunite, #sawityowit, Mbah Surip, Gus Dur, dan yang terbaru, #dearSBY.

Bayangkan kalau seluruh tweeps Indonesia dikerahkan mendukung kampanye tertentu untuk mengharumkan nama bangsa. Visit Indonesia, misalnya. Lebih murah dan mudah dibanding menyelenggarakan roadshow ke luar negeri kan?

Jual Baby Bag HDY @ http://TasBayi.JawaraShop.com

Sumber : Erry FP @ infokomputer.com http://MejaLaptop.JawaraShop.com

Iklan

3 Tanggapan

  1. tweeter n FB yg lagi main kejar-kejar’an hehehe

  2. mas ..
    link blog ini udah terpasang di infoaja.com dengan anchor “wiedz”
    silahkan di cek..
    klo berkenan ditunggu blzanya ya mas…
    terimaksih sebelumnya…
    salam infoaja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: