Ternyata Lebih dari 50 Persen Terdakwa Korupsi 2009 Bebas!

https://supermilan.wordpress.com
Tiga aktivis Indonesian Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho, Febridiansyah dan Illian Deta Artasari, menyerahkan 106 nama hakim yang diduga hobi memberikan vonis bebas kepada koruptor. (Pict : kompas.com)

Indonesian Corruption Watch (ICW) mencatat lebih dari 50 persen terdakwa kasus korupsi di Indonesia pada tahun 2009 divonis bebas oleh hakim pengadilan umum.

Ada lima persoalan di balik vonis bebas, yaitu komitmen hakim pengadilan yang meragukan, pengaruh mafia peradilan, perbedaan pemahaman hakim, jaksa, pengacara atau antarhakim soal keuangan negara, lemahnya dakwaan jaksa.

ICW mengindikasikan ada persoalan di balik vonis bebas tersebut. Muncul fenomena, ada hakim yang hobi menjatuhkan vonis bebas untuk para terdakwa korupsi. Sekitar 106 nama hakim yang diindikasikan hobi memberi vonis bebas diserahkan ke Komisi Yudisial, Selasa (19/1/2010), untuk ditindaklanjuti.

Berkas diterima oleh Komisioner KY Zainal Abidin yang membidani pengawasan kehormatan, keluhuran martabat, dan perilaku hakim. Dari 378 terdakwa dalam 199 perkara korupsi yang berhasil dipantau ICW di seluruh Indonesia, hampir 60 persen atau sekitar 224 terdakwa divonis bebas oleh pengadilan.

ICW juga mencatat, dari terdakwa yang divonis bersalah pun, cuma 27 terdakwa yang dihukum di atas 2 tahun. “Kepedulian kami adalah lembaga kekuasaan kehakiman seperti Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial melakukan kajian mendalam terhadap vonis bebas,” ujar peneliti hukum ICW Febridiansyah.

Menurut Febri, ada lima persoalan yang bisa dikaji di balik vonis bebas tersebut, yaitu komitmen hakim pengadilan yang memang meragukan, pengaruh mafia peradilan, perbedaan pemahaman hakim, jaksa, pengacara atau antarhakim soal keuangan negara, lemahnya dakwaan jaksa serta memang ternyata terdakwa pantas dibebaskan.

Wakil Koordinator ICW Emerson Yuntho juga mengeluhkan fenomena vonis percobaan yang diberikan hakim terhadap terdakwa korupsi. “Padahal, seharusnya tidak boleh. Ada apa ini?” tanya Emerson.

Zainal mengatakan, KY akan menindaklanjuti laporan IC dengan melakukan pengecekan ke lapangan dan menemui para hakim yang dimaksud. Keputusan akan diambil melalui pleno komisioner. “Kalau (posisi hakim) dekat, misalnya Jawa, kami akan panggil. Kalau jauh, kita akan kunjungi,” ujarnya.

Jual Baby Bag HDY @ http://TasBayi.JawaraShop.com

Sumber : Caroline Damanik – Kompas http://TasLaptop.JawaraShop.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: