5 Tips Optimalkan Daya Ingat Anda

Jual Baby Bag HDY @ http://TasBayi.JawaraShop.com
Memang, sifat pelupa adalah salah satu sifat yang paling menyebalkan. Karena sifat yang satu ini bisa berakibat fatal jika Anda lupa pada sesuatu yang penting. Misalnya lupa dimana Anda menyimpan dokumen penting atau surat-surat berharga. Kondisi ini tentu saja bukan saja menyusahkan Anda, tetapi juga menyusahkan orang sekantor.

So, biar Anda tidak dijangkiti penyakit lupa, ikuti tips sederhana untuk mengoptimalkan daya ingat berikut ini:

1. Pusatkan perhatian pada hal-hal penting pada saat Anda rileks atau istirahat dan dalam keadaan tenang. Jangan melakukannya pada saat Anda sedang lelah, karena hasilnya justru akan mengecewakan.

2. Susun berbagai gagasan yang harus dipelajari dalam suatu sistem rumusan atau kode untuk lebih mudah mengingatnya. Misalnya, para pengajar serta kalangan praktisi di bidang periklanan menggunakan istilah AIDA yang artinya adalah ‘menumbuhkan Attention (perhatian), menciptakan Interest (minat), mendorong timbulnya Desire (keinginan) dan kemudian melakukan Action (tindakan).

3. Bagi proses belajar dalam beberapa tahap. Mulailah untuk setiap tahap baru dengan memeriksa apa yang telah Anda ingat sebelumnya agar hal-hal itu dapat terbentuk lebih kuat di dalam memori.

4. Kaitkan sesuatu yang sedang Anda pelajari dengan berbagai simbol, orang, ide atau benda-benda lain yang sudah Anda kenal dan sudah tertanam kuat di dalam memori. Misalnya, mungkin Anda dapat mengenal secara garis besar bentuk peta negara Italia karena bentuknya seperti sepatu lars.

5. Manfaatkan waktu luang. Misalnya sedang menunggu bus. Cobalah untuk mengingat-ingat sesuatu. Bawalah buku catatan kecil di dalam saku agar Anda dapat merujuk kembali dengan lebih mudah dan cepat atau apa yang Anda ingat-ingat.

Daya ingat yang baik sangat menunjang kelangsungan karir Anda. Makanya, para lansia yang sudah beranjak pikun harus segera ‘diistirahatkan’ dari pekerjaannya. Jadi, agar Anda tidak cepat terkena penyakit lupa, segera optimalkan daya ingat Anda dari sekarang. Jangan tunggu sampai jadi pelupa. Sukses untuk Anda…..!

Iklan

Satu tanggapan untuk “5 Tips Optimalkan Daya Ingat Anda

  1. wah sangat bagus, di sebabkan aq memang punya daya ingat yg kurang, tapi cepat menghafal dan mudah lupa dalam jangka waktu 1 hari, dan aq lebih cepat di eksakta dari pada menghafal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s