Pembangkit Listrik Selokan? LIPI Sudah Bisa Bikin Lho..

Jual Baby Bag HDY @ http://TasBayi.JawaraShop.com
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menghasilkan suatu alat yang bisa membangkitkan listrik dengan tenaga air dari selokan yang akan ditawarkan ke sejumlah pemerintah daerah, kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Dr Ir Syahrul Aiman.

“Pembangkit listrik tenaga air ini dapat menghasilkan 1-2 kilowatt listrik tiap unitnya,” kata Syahrul Aiman, di Bandung, Kamis.

Dia mengatakan, alat itu sangat sederhana dan hanya membutuhkan saluran air sepanjang satu meter dengan kedalaman 20-30 cm. Menurut dia, jika mengacu pada penggunaan lisrik kebanyakan masyarakat desa di tanah air, yaitu sekitar 50 watt per rumah, maka satu alat itu bisa memberi penerangan kepada 20 rumah.

Walaupun perhitungan yang digunakan adalah unit rumah, menurut Syahrul, target utama teknologi itu sebenarnya adalah untuk lampu penerangan jalan di daerah-daerah.”Karena untuk penerangan jalan, maka kami harus melakukan pendekatan ke Pemda,” katanya.

Temuan itu diharapkan bisa meringankan beban Pemda, karena lampu penerangan jalan membutuhkan energi listrik yang cukup besar.Menurut dia, contoh alat itu sudah dipasang di Kebun Raya Cibodas.”Kalau ada yang berminat untuk mengkomersilkan akan dibicarakan lebih jauh, karena LIPI tidak memiliki tujuan ke sana,” kata Syahrul.

LIPI menyanggupi bila ada permintaan untuk mengajarkan cara pembuatannya, seperti ke STM di daerah bekerja sama dengan dinas pendidikan setempat. Menurut Syahrul, bahan yang diperlukan mudah didapat dan banyak di pasaran.

Jual Sepatu Kulit @ http://SepatuKantor.jawarashop.com

Sumber : krisman – Republika Jual Laptop Bag Aidea @ http://TasLaptop.JawaraShop.com

Iklan

2 Tanggapan

  1. Kami warga desa Celep, Srigading, Kec.Sanden, Kab.Bantul, Yogyakarta saat ini sedang giat bergotong-royong membangun kandang sapi kelompok. Gotong-royong telah terlaksana selama dua bulan setiap hari. Dan sapi sudah ada beberapa. Kami bertekad menjadi warga desa pelopor salah satunya adalah penguasaan teknologi internet. Saat ini fasilitas tersebut sudah ada, dan sedang dirancang program pelatihan internet gratis untuk warga yang lain. Sehubungan dengan temuan LIPI kami bermaksud menggunakannya untuk penerangan jalan di desa kami, penerangan kandang, juga untuk mendukung internet. Untuk itu kami mohon diajari cara pembuatannya, dan apabila berkenan kami persilakan berperan serta dalam gotong-royong warga membangun Bantul, mengingat kelompok warga yang kami bina sedang kami persiapkan untuk menjadi pelopor pembangunan di desa, kecamatan, bahkan dengan kesanggupan yang ada kami siap membangun Bantul. Salam dari, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

  2. Thanks infonya Gan……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: