KRI Banjarmasin 592, Kapal Perang Pertama Buatan Anak Indonesia

KRI Banjarmasin 592, Kapal Perang Pertama Buatan Anak IndonesiaJasa Website Instant @ http://Web.JawaraShop.com

Mimpi Indonesia bisa membuat kapal perang sendiri akhirnya menjadi kenyataan. Hari ini, Ahad 16 Januari 2011, Kapal perang pertama buatan Indonesia, KRI Banjarmasin – 592 buatan PT PAL Surabaya, akhirnya diujicobakan di depan awak media. Bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, uji coba itu dipimpin Komandan Kapal Kolonel Laut Eko Joko Wiyono.

Diserahkan ke Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) pada 22 Desember 2010, kapal perang itu, menurut Juru bicara Mabes TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul, adalah wujud keberhasilan TNI Angkatan Laut. Terutama dalam melaksanakan transfer teknologi kepada industri strategis nasional.

Meski mesin kapal masih impor dari Amerika Serikat, menurut Iskandar, kandungan lokal kapal berjenis landing platform deck (LPD) cukup besar mencapai 40-60 persen. “Fungsinya mencapai untuk memobilisasi pergeseran pasukan” kata Iskandar kepada komunitas media yang ikut uji coba di atas kapal menuju kepulauan seribu.

KRI Banjarmasin 592, Kapal Perang Pertama Buatan Anak Indonesia

KRI Banjarmasin 592, Kapal Perang Pertama Buatan Anak Indonesia

KRI Banjarmasin 592, Kapal Perang Pertama Buatan Anak Indonesia

Kapal perang dengan LPD 125 meter ini adalah LPD ketiga yang masuk jajaran TNI AL. Dua kapal LPD pertama, yakni KRI Makassar- 590 dan KRI Surabaya – 591, dibuat pabrik Korea Selatan, Daewoo International Corporation dan diserahkan kepada TNI AL tahun silam. Adapun KRI Banjarmasin, meski dipesan dari Dae Sun Shipbuilding (DSS) Korea Selatan, tapi pengerjaannya dilakukan di PT PAL Surabaya dengan pengawasan tenaga ahli dan peralatan dari DSS.

Dibanding dua kapal sejenis terdahulu, menurut Iskandar, adalah daya tampungnya. Jika kapal sejenis sebelumnya mampu menampung tiga helikopter, KRI Banjarmasin-592 ini mampu menampung lima helikopter. Selain juga 22 tank, 560 pasukan, dan 126 awak. Plus kombinasi 20 truk dan 13 tank. “Juga bisa dipakai untuk operasi militer selain perang, dan membawa logistik ke daerah bencana alam,” tuturnya.

Iskandar menambahkan, meski KRI Banjarmasin merupakan kapal angkut personel dan logistik namun kapal tersebut juga dipersenjatai untuk menjalankan fungsi patroli di setiap wilayah yang dilintasinya.”Perwira di kapal ini memang dipersiapkan untuk melakukan fungsi patroli,” kata Iskandar.

Sumber : Tempo Interaktif

Foto : Robertus Pudyanto

11 Tanggapan

  1. kapal yang keren bos. kalo perang lawan mayshit dijamin kita yang menang 😀

  2. wowowowowowow

    ni baru nama nya anak indonesia bisa buat kapal sendiri

    aku bangga indonesia ku

  3. keren
    god job!!

    i like it……………..

  4. ayo anak bangsa, ditunggu karya2 yg lebih spektakuler dan mencengangkan dunia.

  5. Mantabzzz….kalo bisa 100% asli INDONESIA

  6. lanjutkan pengembangan

  7. mantap ,,, lanjutkan anak bangsa indonesia bktikan kalau indonesia juga bisa ,,,indonesia bisa maju karena ada orang2 seperti kalian ,,,good job ,,,

  8. hebat hebat itu baru bngsa yng hebat……..
    kalau bisa bikin kapal induk kya negara2 AS,JERMAN,RUSIA,PRANCIS dan yang baru2 ini CINA
    ……………..bikin yg berkelas sama dengan negara maju tujukan klaw NKRI yg sesungguhnya…….
    JANGAN KALAH DGN MLAYSIA……GANYANG MALAYSIA MERDEKAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

  9. ayo…………..indomesia km bisa

  10. BRAVO TNI…HEBAT PUTRA BANGSA …..! Buat perintah pembuatan kapal2 sejenis sngat di butuhkan untuk menunjang patroli keamanan di laut… buat yang banyak ..agar tni kita kuat di laut ditakuti musuh di segani kawan ..JELESVEVA JAYA MAHE…

  11. It is not my first time to pay a quick visit this site, i am browsing this web page dailly and obtain good data from here
    daily.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: