Terlahir Lumpuh Mampu Ciptakan Busana Barbie Kebaya Bali

Terlahir Lumpuh Mampu Ciptakan Busana Barbie Kebaya Bali  https://supermilan.wordpress.com

19 tahun yang lalu terlahir tak sempurna, itulah Putu Restiti. Kelumpuhan pada kedua kaki membuat Putu tidak leluasa bergerak. Namun Tuhan YME masih memberi mata untuk melihat, kedua tangan untuk berkreativitas dan jiwa yang sehat. Putu Restiti adalah sulung dari lima bersaudara yang semuanya putri. Kondisi adik ketiga bernama Alit tidak seberuntung Putu Restiti, yaitu 11 tahun silam terlahir tak sempurna dengan bentuk organ tubuh yang tidak lazim. Namun, Tuhan YME masih memberikan mata, hati dan tangan yang sehat.

Semenjak bapak mereka pergi dan kawin lagi, lima putri bersaudara tersebut tinggal dalam asuhan ibu tegar bernama Ni Ketut Widiyani yang sehari-hari bekerja sebagai penjahit di Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Praktis, ibu Ni Ketut Widiyani adalah tulang punggung keluarga yang tergolong miskin tersebut. Namun sungguh bersyukur, Tuhan YME memberikan daya tahan dan imajinasi tinggi kepada kelima putrinya.

Terinspirasi dari sajian televisi, Putu Restiti lantas berjibaku dengan kain-kain bekas jahitan sang ibu. Dengan jemari dan daya imaginasi, kain bekas tersebut  dirajut menjadi sebuah busana mungil beraneka model. Terciptalah busana kebaya bali, busana pesta, dan lainnya untuk mempercantik ujud boneka Barbie. Boneka mainan yang terkenal di dunia dan harganya relatif mahal.

Boneka Barbie sangat mirip dengan wanita biasa nan cantik rupawan. Di toko yang khusus menjual mainan, banyak atribut Barbie yang dapat dicari. Mulai dari  rumah-rumahan, mobil, teman, peliharaan, bahkan terdapat ‘butik mini’ khusus busana Barbie. Putu Restiti rupanya berkiblat pada kearifan lokal Bali dalam menciptakan busana Barbie, yaitu busana kebaya Bali.

Terlahir Lumpuh Mampu Ciptakan Busana Barbie Kebaya Bali

Ketika penulis dan para rombongan jurnalis warga Balebengong.net bertandang ke rumahnya, si Putu Restiti membeberkan busana kreasinya. Ada yang sudah terpasang di boneka Barbie dan ada terpisah, siap untuk ditawarkan kepada pembeli. Rupanya, hasil karya Putu Restiti sudah diperjualbelikan di Denpasar, namun hanya di beberapa sekolah saja. Harga yang ditawarkan beragam tergantung dari tingkat kemampuan daya beli si pemilik boneka Barbie.

Harapan Putu Restiti adalah, bisa menularkan keterampilan membuat busana Barbie ke adik-adiknya dan masyarakat sekitar, agar mampu menjual lebih banyak lagi produk tersebut. Sehingga, bisa membantu menopang kebutuhan keluarga dan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitarnya. Sebuah keinginan yang mulia dari seorang manusia yang terlahir tak sempurna.

Untuk saat ini, hasil karya Putu Restiti bisa terlihat di website puturestiti.com. Banyak pihak yang kagum atas hasil karya Putu Restiti, berharap bisa mempublikasikannya ke dunia internasional dan mampu meningkatkan nilai hidup bagi dia dan keluarganya.

Sumber : TDA

Satu Tanggapan

  1. kalo mau beli boneka barbie pakaian bali buatan restiti dmn y?dan harganya brp?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: