Final Liga Champions 2011 : Manchester United vs FC Barcelona

https://supermilan.wordpress.com

Final Liga Champions 2011

FC Barcelona vs Manchester United

RCTI, Minggu 29 Mei 2011 Pukul 01.30 WIB

Final Liga Champions 2011 : Manchester United vs FC Barcelona

Jual HDY Baby Diaper Bag @ http://TasBayi.JawaraShop.com

Termegah? Ya karena ini Liga Champions, ajang para jawara di tiap liga domestik di Eropa, pusat sepakbola dunia saat ini. Tempat para pemain terbaik dunia berlomba untuk memamerkan skill dan kehebatannya. Arena dimana klub-klub besar mengerahkan segala daya dan upaya untuk menjadi yang terbaik.

Final Liga Champions musim ini akan menampilkan duel yang bertajuk ‘Final Impian’. Ya! Kedua tim bisa dibilang adalah dua tim terbaik saat ini. Adakah laga yang lebih seru dari pertemuan Juara La Liga Spanyol dengan Jawara Premier League di Inggris?

Jasa Website Instant @ http://JawaraShop.com

Persamaan Barca & MU

Manchester United

Kalau dilihat-lihat, sebenarnya ada beberapa persamaan antar kedua tim ini, diantaranya :

1.  Keduanya baru saja menjuarai liga domestik di negeri masing-masing : Juara La Liga untuk FC Barcelona dan Juara Premier League untuk Manchester United.

2. Sama-sama beraliran sepakbola menyerang.

Alex Ferguson dan Pep Guardiola sama-sama penganut teori ‘Pertahanan Terbaik adalah Menyerang’. Dibekali pemain-pemain bertalenta tinggi di setiap lini memudahkan kedua pelatih untuk meracik formasi menjadi tim yang sangat menakutkan.

Dari Old Trafford, markas MU ada Wayne Rooney, Dimitar Berbatov, dan Javier ‘Chicarito’ Hernandez yang siap merobek jala lawan. Sedangkan dari Camp Nou, siapa yang tak kenal nama-nama seperti Xavi Hernandez, Andres Iniesta. Jangan lupakan juga pemain yang ditahbiskan sebagai Maradona Baru : Lionel Messi.

Lionel Messi

3. Kostum Bernuansa Merah 

Bersama AC Milan yang berkostum merah hitam, FC Barcelona (merah-biru) dan Manchester United (merah) sama-sama mengokohkan dominasi klub berkostum merah dengan menjadi juara liga di negara dengan kompetisi sepakbola terkenal di Eropa.

Jual Sandal Nama Unik dan Lucu @ http://JawaraShop.com

Perbedaan Barca vs MU

Sedangkan ada juga hal-hal yang berlawanan di kedua tim.

1.  MU Paling Agresif di Premier Laegue, Pertahanan Barca Paling Kokoh di La Liga.

Sama-sama menjalani 328 pertandingan, musim ini, MU mencetak gol terbanyak sebagai pemenang Liga Primer Inggris dengan 78 gol. Sebaliknya gawang mereka kebobolan 37, masih kalah dengan Chelsea dan Manchester City yang hanya kemasukan 33 gol.

Di La Liga BBVA, FC Barcelona mencetak 95 gol, terbaik kedua setelah Real Madrid dengan 102 gol. Tetapi pertahanan mereka paling kuat, terbukti hanya kecolongan 21 gol, unggul jauh dari terbaik kedua Real Madrid yang kemasukan 33 gol.

Jasa Tas Laptop Aidea @ http://JawaraShop.com

2. Dua pelatih hebat beda generasi.

Bila Sir Alex adalah pelatih berpengalaman yang sudah belasan tahun menangani MU, Josep Guardiola baru beberapa musim ini dipercaya untuk melatih tim Catalan.

Dalam perjalanan karirnya, Sir Alex sudah mempersembahkan 11 gelar Liga Inggris, 2 kali gelar Liga Champions, 5 Piala FA, 3 Piala Liga, 1 kali Piala Dunia Klub (2008), 1 kali Super Cup (1992), 1 Piala UEFA (1991), 1 Piala Interkontinental (1999), dan 8 FA Charity / Community Shield. Musim ini, dengan menjuarai Liga Premier Inggris, MU menjadi klub tersukses di tanah Britania. Menggeser Liverpool yang sedang berjuang untuk bangkit.

Di lain pihak, Pep Guardiola justru menunjukkan prestasi ajaib di musim perdananya. Musim 2009, Guardiola mengantar Barca merebut Sextuple atau 6 gelar beruntun dalam 1 musim. Selain trofi La Liga, Copa del Rey dan Champions League, tim Catalan ini juga sukses meraih Spanish Super Cup, European Super Cup dan FIFA Club World Cup.

FC Barcelona

Dari segi usia, keduanya juga terpaut jauh. Fergie 69 tahun, dan Guardiola baru 40 tahun. Perbedaan usia yang mungkin akan menandai laga Final Liga Champions ini. Gairah muda Pep yang diomeledak-ledak akan ditunjukkan dengan gaya anak-anak Barca yang agresif, frontal,  full attack!

Untuk menghadapinya, sepertinya Sir Alex akan memerintahkan Wayne Rooney dkk untuk bermain sedikit bertahan dan mengandalkan serangan balik yang mematikan. Plus taktik khusus untuk mengawal Lionel Messi, pemain Barcelona FC yang paling berbahaya saat ini.

Jual HDY Baby Diaper Bag @ http://TasBayi.JawaraShop.com

3. Pemain asli Camp Nou vs Bintang dari Old Trafford.

Skuad El Azulgrana dipenuhi oleh pemain asli binaan sendiri. Dari Akademi Sepakbolanya yang bernama La Masia, lahirlah pemain kelas dunia yang mengisi starting line up seperti Lionel Messi, Victor Valdes, Carles Puyol, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Gerard Pique, Sergio Busquets, hingga pemain muda Bojan Krkic. Bahkan sang entrenador, Josep Guardiola juga jebolan akademi ini.

Berbeda dengan kebijakannya di awal 90 an yang lebih mengutamakan pembinaan pemain sendiri, pasukan Sir Alex Ferguson musim ini lebih banyak berasal dari pembelian dari klub lain. Untuk beberapa pemain, nilai transfer waktu didatangkan bahkan sangat fantastis.

Van Der Sar (Fulham), Nemanja Vidic, Rio Ferdinand (West Ham), Wayne Rooney (Everton), Dimitar Berbatov (Tottenham Hotspur), dan Javier ‘Chicarito’ Hernandez adalah contoh pemain inti MU yang berasal dari klub lain.

Pemain asli binaan sendiri terhitung sangat sedikit. Paling hanya Ryan Giggs dan Paul Scholes, dua bintang asli ciptaan Sir Alex. Keduanya pun saat ini sudah bersiap untuk memasuki masa pensiun.

Jasa Website Instant @ http://JawaraShop.com

Sejarah di Final

Sebelum partai ini, MU sudah 4 kali mencapai Final Liga Champions, yaitu tahun 1968, 1999, 2008, dan 2009. Dalam ketiga kesempatan pertama, MU selalu sukses menjadi juara.

Barca sendiri sudah 6 kali melangkah ke laga pamungkas Liga Champions. Hasilnya sukses 3 kali mengangkat trofi, yaitu tahun 1992, 2006, dan yang terakhir di tahun 2009, anak asuh Pep Guardiola tampil sebagai juara dengan mengalahkan musuh yang sama, Manchester United.

Jasa Website Instant @ http://JawaraShop.com

Data dan Fakta “Road to Wembley” 

BARCELONA

Barcelona FC

11 – Jumlah gol Lionel Messi di Liga Champions musim ini, tujuh gol lebih banyak dari top skor United, Javier Hernandez. Messi menjadi top skor di Liga Champions 2008/09 (sembilan gol) dan 2009/10 (delapan gol). Ruud van Nistelrooy masih memegang rekor gol dalam semusim dengan total 12 gol (2002/03).

16 – Musim ini Barcelona memecahkan rekor 16 kemenangan berturut-turut di liga domestik, 23 pertandingan tandang tak terkalahkan, 14 kemenangan tandang, dan mematahkan rekor 31 tahun Real Sociedad dengan mencatat 32 pertandingan tak terkalahkan di La Liga.

27 – Total gol yang dicetak Barcelona di Liga Champions musim ini, terbanyak di antara tim-tim lainnya. Tahun 2009 lalu Barca mencetak 30 gol, tiga gol lebih sedikit dari Real Madrid saat menjuarai Liga Champions 2002.

36 – Jumlah shot on gol Lionel Messi, terbanyak di antara pemain lain di Liga Champions musim ini.

55 – Messi mencetak 55 gol dalam 61 pertandingan untuk klub dan timnas Argentina musim ini, namun ia tak mencetak gol dalam empat pertandingan terakhir.

100 – Carles Puyol memainkan pertandingan Liga Champions ke-100 saat menghadapi Real Madrid di semifinal.

576 – Jumlah pertandingan yang telah dimainkan Xavi untuk Barcelona. Ia mematahkan rekor penampilan terbanyak Miguel dalam 549 pertandingan.

<span style=”color: #ffffff;”>Jasa Tas Laptop Aidea @ http://JawaraShop.com</span&gt;

MANCHESTER UNITED 

Manchester United

3 – Bila United mengalahkan Barca, mereka akan mencatat tiga kali juara Liga Champions tanpa terkalahkan setelah musim 1998/99 dan 2007/08. Tim-tim lain yang juara tanpa terkalahkan (dua kali) adalah Ajax (1971/72, 1994/95), Liverpool (1980/81, 1983/84), dan Milan (1988/89, 1993/94).

4 – United hanya kebobolan empat gol di Liga Champions musim ini, rekor kemasukan paling sedikit bersama Rubin Kazan, namun Rubin gagal lolos penyisihan grup. Rekor kemasukan paling sedikit tim finalis Liga Champions dipegang oleh Ajax (2006) dan Arsenal (2006), keduanya hanya kemasukan dua gol.

11 – Sebelum kalah 0-1 dari Arsenal pada Mei lalu, United mencatat tujuh clean sheet dalam 11 pertandingan, namun Setan Merah selalu kebobolan dalam lima pertandingan terakhir sebelum final Liga Champions.

29 – Sir Alex Ferguson dijadwalkan menerima gelar doctor dari University of Stirling, Skotlandia, pada 29 Juni nanti berkat kontribusi luar biasa yang diberikan Sir Alex pada olahraga.

37 – Ryan Giggs menjadi pemain non kiper tertua yang mencetak gol di Liga Champions ketika ia membobol gawang Schalke pada semifinal leg pertama. Ketika itu Giggs berusia 37 tahun 148 hari, melewati rekor tertua sebelumnya yang dicatat Filippo Inzaghi, 37 tahun 86 hari.

39 – Jumlah total penampilan Owen Hargreaves selama empat tahun bersama United. Hargreaves yang tak masuk skuad Liga Champions dipastikan pergi akhir musim ini setelah kontraknya habis dan tak diperpanjang oleh United.

40 – Bila United menang dan Edwin van der Sar dimainkan Ferguson, kiper asal Belanda itu akan memecahkan rekor sebagai pemain tertua yang menjuarai Liga Champions, mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang Paolo Maldini, 38 tahun 332 hari, ketika Milan mengalahkan Liverpool di final tahun 2007.

300 – Gol Antonio Valencia ke gawang Schalke 04 di semifinal leg kedua merupakan gol ke-300 Manchester United di Liga Champions.

607 – Ryan Giggs memainkan pertandingan ke-607 untuk United pada 6 Maret di Anfield, mematahkan rekor penampilan terbanyak milik Sir Bobby Charlton.

Jual Sandal Nama Unik dan Lucu @ http://JawaraShop.com

Catatan Kaki

Penamaan ajang ini semula adalah Piala Champions, dimulai dari musim 1955/1956. Pada musim 1992/1993, namanya berubah menjadi Liga Champions.

Jasa Tas Laptop Aidea @ http://JawaraShop.com

Bahan Artikel : wikipedia,  r12ndydetiksport, bolanet
Foto : pesdhrubi, football-spot, xooimage

Jual HDY Baby Diaper Bag @ http://TasBayi.JawaraShop.com

www.mylivesignature.com/signatures/85877/supermilan/a1928e8a96a55f7092e99c05bb990dff.png Widya Wicaksana
08180-800-6625
(021) 9550-6400
http://www.JawaraShop.com

Jasa Website Instant @ http://JawaraShop.com

Iklan

4 tanggapan untuk “Final Liga Champions 2011 : Manchester United vs FC Barcelona

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s