Tragedi Ny. Siami – Deretan Orang Jujur yang Justru Jadi Korban


https://supermilan.wordpress.com

Ny. Siami, ibunda Alif, mendapat tekanan dari berbagai pihak setelah mencoba membongkar contekan massal di SDN Gadel II/577, Tandes, Surabaya. Ternyata selama ini, sudah banyak orang yang mencoba jujur justru menjadi korban.

Data dari Koalisi Masyarakat Sipil Pendukung Ibu Siami menyebut, banyak orang yang akhirnya mendapat nasib buruk setelah mencoba jujur. Sebut saja Fino Che Guevara, murid SMP Garut yang berusaha jujur mengungkapkan kejanggalan atas hasil ujian nasionalnya.

“Sayangnya, sikap jujur tersebut justru berbuah sanksi dari pemerintah,” kata Koordinator Divisi Monitoring Pelayanan Publik Indonesia Corruption Watch (ICW) Febri Hendri, dalam rilis kepada detikcom, Kamis (16/6/2011).

Nama lainnya adalah Kamal Fikri, seorang guru SMK Negeri Kota Cilegon. Kamal mencoba membela murid yang mengaku mendapatkan contekan Ujian Nasional. Akan tetapi, keberanian membela kejujuran murid tersebut telah memaksanya untuk hengkang dari sekolah dan tidak lagi mengajar murid-murid yang disayangi di sekolah itu.

Sementara itu Nur Hidayatusholihah, murid SMA Muhammadiyah 1 Kali Rejo Lampung harus mengulang belajar selama tiga tahun karena ingin lulus secara jujur. Sementara murid lain yang berkemampuan akademis lebih rendah justru lulus Ujian Nasional dengan mudah.

Irma Winda Lubis, seorang ibu murid SD 06 Pesanggrahan Jakarta juga mengungkapkan kekecewaannya atas pemaksaan ketidakjujuran pihak sekolah pada anaknya. Anaknya dipaksa untuk memberikan contekan pada teman-temannya lain pada saat Ujian Akhir Nasional SD.

Untuk kasus Siami, Febri meminta warga Kampung Gadel mendukung sikap Siami dan tidak mengusirnya dari rumah yang selama ini ditinggali. Jangan sampai warga malah menjadikan Siami dan keluarganya menjadi korban.

“Kami mengajak masyarakat kampung Gadel Surabaya untuk mendukung sikap jujur Ibu Siami,” kata Febri Hendri.

Elemen lain yang tergabung dalam koalisi ini adalah FSGI (Federasi Serikat Guru Indonesia), APPI (Aliansi Orang Tua Murid Peduli Pendidikan), Tempo Institute, Masyarakat Transparansi Indonesia, Rumah Untuk Kejujuran, Transparansi Internasional Indonesia, Koalisi Pendidikan, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, KONTRAS, Perhimpunan Indonesia Tionghoa, Himpunan Alumni Fateta, IPB, Alumni ITB Angkatan ‘75, Perkumpulan Bung Hatta Anti Corruption Award.

Febri mengatakan, saat ini Siami justru mendapatkan tekanan karena keberanian berbicara jujur pada publik. Sikap jujur Ibu Siami harus diapresiasi karena bangsa ini telah mengalami defisit kejujuran di kalangan elite pemimpin negeri ini.

“Banyak pemimpin di negeri ini yang berbohong guna menutupi praktek korupsi serta menghindari jeratan hukum,” kata Febri.

Artikel : Detik
Foto : vivanewsierparamadina

Jual HDY Baby Diaper Bag @ http://TasBayi.JawaraShop.com

www.mylivesignature.com/signatures/85877/supermilan/a1928e8a96a55f7092e99c05bb990dff.png Widya Wicaksana
08180-800-6625
(021) 9550-6400
http://www.JawaraShop.com

Jasa Website Instant @ http://JawaraShop.com

Iklan

2 tanggapan untuk “Tragedi Ny. Siami – Deretan Orang Jujur yang Justru Jadi Korban

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s