Jasa Tukar Uang Baru : Haram atau Membantu?

Jasa Penukaran Uang Receh Baru
https://supermilan.wordpress.com
Masih terbayang di benak akan kenangan masa kecil saat Idul Fitri tiba. Saatnya menikmati makanan enak seperti opor ayam, sambel goreng ati, dan banyak kue-kue yang menggugah selera. Saya bersyukur dibesarkan di sebuah keluarga besar. Jadi di hari lebaran, saatnya berkunjung ke rumah sodara-sodara, terutama kakek nenek yang jumlahnya bisa mencapai belasan.

Paling tidak 4 hari pertama Syawal, kami sibuk berkeliling untuk sungkem ke rumah sesepuh-sesepuh. Biasanya ada tradisi untuk bagi-bagi uang receh terutama untuk anak cucu yang masih kecil. Uangnya pun masih baru dan kinclong karena memang sudah disiapkan sebelumnya.

Seiring berjalannya waktu, rupanya tradisi bagi-bagi yang receh ini masih berjalan. Mungkin hampir di sebagian besar daerah di Indonesia ada kebiasaan ini. Akibatnya menjelang lebaran, kebutuhan uang recehan baru makin meningkat. Hal ini pun ditangkap sebagai peluang bagi beberapa orang untuk berbisnis dalam jasa penukaran uang baru.

Jasa Penukaran Uang Receh Baru

Dengan bermodal penukaran uang di Bank Indonesia, mereka kemudian menawarkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebagai pengganti jasa, harga tukarnya dinaikkan dari harga modalnya. Misal uang receh senilai Rp 100 ribu, bisa dijual Rp 105 sampai 110 ribu. Selisih 5-10 ribu inilah yang dijadikan keuntungan mereka.

Fenomena ‘jual beli’ uang inilah yang kemudian ditanggapi oleh kaum ulama. Hingga akhirnya Majelis Ulama Indonesia (MUI), dalam hal ini, MUI Jombang Jawa Timur, mengeluarkan pendapat resmi bahwa jasa penukaran uang ini adalah haram hukumnya. Pernyataan haram ini diungkapkan oleh Ketua MUI Kabupaten Jombang KH Kholil Dahlan.

Menurut beliau, dinyatakan haram karena konsumen membayar lebih mahal dari nilai uang yang didapat. “Kelebihan uang dalam tukar menukar barang yang nilainya sama tersebut adalah riba dan hukumnya haram,” ujarnya di Jombang, Jawa Timur, Minggu (7/8/2011). Untuk transaksi tukar menukar uang, seharusnya yang didapat sama dengan yang dibayarkan.

Jual Tas Bayi HDY Baby Diaper Bag @ http://TasBayi.JawaraShop.com

Pro Kontra di Masyarakat

Pernyataan MUI ini pun kemudian mendapat tanggapan beragam. Ada yang pro, banyak juga yang kontra. Alasannya karena masyarakat memang membutuhkan jasa penukaran uang baru ini. Mau menukar di bank pun ada beberapa yang menemui kesulitan. Karena memang stok uang baru terbatas, sedang peminatnya melonjak.

Sayangnya ada beberapa pihak yang memanfaatkan momentum ini untuk menjelek-jelekkan kaum ulama. Ada yang bilang, MUI kurang kerjaan mengurusi hal-hal semacam ini. Yang lain berkata, MUI hanya menyusahkan masyarakat, terutama penjual jasa uang baru dan (calon) pembeli yang membutuhkan. Bahkan Jaringan Islam Anti-Diskriminatif (JIAD) Jawa Timur sampai menuding MUI lebay!.

Jasa Website Instant Murah @ http://JawaraShop.com

Tugas Ulama Memang Memberi Arahan Pada Umat

Pernyataan-pernyataan yang bernada melecehkan MUI khususnya dan kaum ulama pada umumnya, tentu sangat disayangkan. Karena kalau bertanya mengenai suatu hal, tanyalah kepada ahlinya. Periksa kesehatan, datang ke dokter. Mobil mogok, panggil montir.

Soal agama, tanyalah pada kaum ulama yang pastinya lebih paham dibanding kita-kita yang masih awam. Tentu bukan sembarang ulama. Haruslah ulama yang dirasa benar dan jujur. Bukan ulama jadi-jadian yang seenak hati menggunakan ayat-ayat Al Quran agar sesuai dengan keinginan pribadi dan golongan, bahkan terkadang mengeluarkan pernyataan yang jauh dari nilai-nilai Islam.

Pertanyaan selanjutnya, masuk ke golongan manakah ulama-ulama di dalam lembaga MUI? Dari hasil Munas MUI ke-8 di Jakarta yang berakhir Rabu 28 Juli 2010, terpilih nama KH Sahal Mahfud sebagai Ketua Umum dan Din Syamsuddin sebagai Wakil Ketua Umum. Keduanya merupakan representasi Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, 2 ormas Islam terbesar di Indonesia.

Terdapat juga perwakilan dari berbagai ormas Islam lainnya seperti Syarikat Islam, Perti. Al Washliyah, Math’laul Anwar, GUPPI, PTDI, DMI, al Ittihadiyyah, dsb. Dari hal ini, kita dapat melihat kapasitas MUI yang merupakan perwakilan ulama terbesar di Indonesia. Bukan hanya perwakilan satu atau dua ormas Islam saja. Jadi bisa dipastikan, pendapatnya bisa cukup objektif.

Pun sudah tugas ulama untuk mengingatkan dan memberi arahan pada masyarakat (Muslim) agar bisa menjalankan nilai-nilai Islam dalam kehidupan. Terutama berkaitan dengan hal-hal yang masih dirasa abu-abu dan meragukan seperti dalam hal jasa tukar uang ini.

Perihal permintaan beberapa pihak yang juga meminta fatwa haram untuk kasus lain seperti korupsi, miras, dsb sepertinya cukup aneh dan menggelikan. Anak kecil saja tahu yang memabukkan itu haram dan mencuri dilarang agama, kok masih perlu dimintakan fatwa 🙂

Fatwa MUI ini pun bukan seperti Undang-Undang yang mempunyai kekuatan hukum yang wajib dijalankan. Toh hanya sekedar saran dan panduan bagi masyarakat. Mematuhinya berarti menjalankan perintah agama. Meninggalkannya pun tidak menjadi masalah di dunia ini. Hanya yang perlu diingat, semua perbuatan kita akan dipertanggungjawabkan di hari akhir kelak.

Yang terpenting lagi, janganlah menghina dan melecehkan kaum ulama. Karena tanpa mereka, kepada siapa lagi kita akan belajar agama. Sudah sepintar apa sih kita kok berani-beraninya mencela pemuka agama.

Jual Sandal Nama Unik dan Lucu @ http://JawaraShop.com

Bahan Artikel : Okezone, MUI
Foto : KS TV

Jual HDY Baby Diaper Bag @ http://TasBayi.JawaraShop.com

www.mylivesignature.com/signatures/85877/supermilan/a1928e8a96a55f7092e99c05bb990dff.png Widya Wicaksana
08180-800-6625
(021) 9550-6400
http://www.JawaraShop.com

Jasa Website Instant @ http://JawaraShop.com

Iklan

2 tanggapan untuk “Jasa Tukar Uang Baru : Haram atau Membantu?

  1. Thanks for all your valuable efforts on this site. Kim really loves carrying out internet research and it’s really simple to grasp why. A number of us learn all about the compelling form you render powerful ideas by means of your web blog and in addition invigorate participation from website visitors on this idea so our favorite girl is understanding so much. Take pleasure in the rest of the new year. You’re performing a first class job.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s