Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik
Jual Tas Bayi HDY Baby Diaper Bag @ http://TasBayi.JawaraShop.com

Sebelum mudik lebaran, ada baiknya anda memperhatikan kondisi rumah yang akan ditinggalkan. Berikut beberapa tips aman saat rumah kosong ditinggal mudik.

1. Titip Pada Tetangga

Pepatah bilang, tetangga adalah saudara kita yang terdekat. Karena memang sehari-hari kita lebih banyak berinteraksi dengan mereka, ketimbang dengan saudara kita yang berjauhan tempat tinggal.

Sebelum meninggalkan rumah, ada baiknya kita menitipkan pada tetangga terdekat. Supaya mereka juga ikut mengawasi situasi. Apabila dengan tetangga kita sudah cukup dekat, bisa sekalian meminta tolong untuk menyalakan lampu saat malam dan mematikannya saat siang.

Kebanyakan kita hanya meninggalkan rumah dengan lampu menyala tiap saat. Terutama lampu luar dan teras. Tujuannya supaya di malam hari terlihat ‘seolah-olah’ ada penghuni di dalam rumah. Tapi hal ini juga bisa menjadi bumerang. Karena di saat siang, lampu tetap menyala. Sehingga justru menjadi pertanda bahwa rumah dalam keadaan kosong.

2. Gunakan Timer atau Sensor Cahaya

Alternatif lain, bisa juga memasang alat tambahan pada instalasi listrik di rumah kita. Bisa menggunakan timer yang berfungsi menyalakan dan mematikan lampu pada waktu tertentu. Tinggal di set perkiraan waktunya menyala pada jam 5 sore misalnya, dan akan mati pukul 6 pagi.

Alat lain yang bisa digunakan adalah sensor cahaya yang berfungsi mendeteksi kondisi cahaya di sekitar. Apabila redup, lampu akan menyala. Saat terang, otomatis lampu akan mati kembali.

3. Periksa Ulang Semua Pintu dan Jendela

Pastikan semua pintu dan jendela rumah anda dalam keadaan baik. Termasuk kunci, teralis dan gemboknya. Karena dengan kondisi rumah yang aman, anda pun bisa tenang meninggalkan rumah saat mudik lebaran.

4. Cabut Selang Gas

Untuk menghindari kebocoran gas yang bisa berakibat kebakaran, selama rumah ditinggalkan, lepaskan selang gas elpiji dari kompor. Periksa juga saluran dan keran air. Tidak lucu kan bila sepulang dari mudik, kita mendapati banjir lokal di dalam rumah.

5. Matikan Semua Peralatan Elektronik

Jangan lupa, matikan semua peralatan yang menggunakan listrik. Agar lebih aman, cabut sekalian kabelnya dari saklar. Untuk menghindari efek dari sambaran petir di saat hujan, lepaskan colokan antena ke televisi dan radio.

6. Backup Data

Di era teknologi sekarang ini, data-data komputer sangatlah penting. Sebelum pergi, jangan lupa backup data-data penting. Baik data pribadi, urusan pekerjaan, maupun catatan transaksi jual beli bagi kita kaum pedagang 🙂

7. Hati-Hati Menulis Status Facebook dan Twitter

Terkadang kita terlalu semangat, sampai-sampai segala kegiatan pun sering ‘dilaporkan’ via media sosial. Namun status Facebook bisa menjadi ‘senjata makan tuan’ karena bisa digunakan penjahat untuk mengidentifikasi rumah mana saja yang ditinggal dalam keadaan kosong saat pemiliknya mudik.

Foto : Warta News

Jual HDY Baby Diaper Bag @ http://TasBayi.JawaraShop.com

www.mylivesignature.com/signatures/85877/supermilan/a1928e8a96a55f7092e99c05bb990dff.png Widya Wicaksana

08180-800-6625
(021) 9550-6400

http://www.JawaraShop.com

Jasa Website Instant @ http://JawaraShop.com

7 Tanggapan

  1. makasih infonya bozzzzzzzzzz

  2. semoga mudik kita lancar

  3. betul tuh makasih infonya

  4. saling membantu bila ada yang kesusahan di jalan…. THX for the info

  5. badan fit semangat, dan waspada menghindari kejahatan di jalan

  6. klo mudik pake sepedah mohon hati2 yaw.. karna jalan raya macet bngt.. dan selalu waspada

  7. dan jangan lupa tentunya tetap berdoa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: