Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

Ketika baru lahir, kita dapat melihat induk kucing akan menjilati anaknya. Hal ini dilakukan untuk membuka lapisan pembungkus janin. Aktifitas ini akan berlanjut dengan tujuan untuk menstimulasi supaya anaknya bangun, dan hal pertama yang akan dilakukan anak kucing adalah mencari putting susu induknya. Temperatur tubuh anak kucing yang baru lahir sulit diukur, karena tergantung pada kehangatan tubuh induknya. Temperatur rectal baru lahir biasanya sekitar 37 derajat celcius, kemudian meningkat menjadi 38 – 38,5 derajat celcius pada usia 7 minggu. Sangat baik untuk anak kucing diberi penghangat dengan temperatur 33 derajat celcius pada minggu pertama. Kemudian diturunkan sampai 30 derajat celcius pada minggu berikutnya, dan pada minggu yang ke-4 di turunkan lagi menjadi 26 – 28 derajat celcius.

Perawatan untuk anak kucing dan kucing dewasa sangat berbeda, terutama dalam hal makanannya. Perawatan untuk anak kucing membutuhkan waktu dan kesabaran yang luar biasa. Karena semua itu berguna untuk masa depan si kucing kelak. Merawat anak kucing hampir sama sulit dan repotnya dengan merawat bayi.

Biasanya setelah melahirkan, induk kucing akan berbaring disamping anak-anaknya, agar memudahkan bagi anak-anak kucing untuk menyusu pada induknya. Anak kucing akan menghisap colostrum yang mengandung antibodi dalam jumlah besar. Colostrum dapat diserap anak kucing selama 6 jam pertama dalam hidupnya. Antibodi tersebut melindungi anak kucing dari penyakit yang ada di lingkungan sekitarnya, tapi hanya untuk beberapa hari sampai beberapa minggu. Selain colostrum, air susu induk kucing juga mengandung antibodi. Oleh karena itu, jika anak kucing tidak mendapatkan colostrum, anak kucing harus diberi air susu induknya agar mendapatkan antibodi yang cukup.

Setelah lahir, saluran pencernaan anak kucing akan menyesuaikan untuk dapat menecerna air susu induknya. Air susu induk kucing kaya akan kandungan protein, lemak dan laktosa. Dengan bantuan enzim laktosa, anak kucing mampu mencerna laktosa. Secara berangsur-angsur kemampuan pencernaan anak kucing berubah sampai dewasa. Enzim laktosa kemudian menghilang, sehingga laktosa tidak dapat dicerna lagi. Laktosa yang tidak dapat dicerna akan dibawa dari usus halus menuju usus besar, dan mengalami proses fermentasi yang dilakukan oleh bakteri. Fermentasi ini dapat menyebabkan terjadinya diare. Sejalan dengan menurunnya kemampuan mencerna laktosa, anak kucing secara bertahap akan memperoleh enzim lain, yaitu enzim amylase yang mampu mencerna zat tepung. Protein juga sangat penting untuk menghasilkan kalori, yang dibutuhkan sejak awal kehidupan sampai kucing dewasa. Ini bisa diperoleh dari air susu dan makanannya. Kucing tidak dapat menyimpan protein di dalam tubuhnya, sehingga mereka membutuhkan protein dalam jumlah besar yang terkandung dalam makanannya. Induk kucing akan menyusui anaknya sampai umur 7 minggu. Namun pada umur 4 – 5 minggu, anak kucing sudah mulai mampu mencerna makanan kering. Pada saat itu anak kucing mulai mengurangi konsumsi susu induknya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat anak kucing:

Anak kucing yang berusia 10 – 12 minggu harus disapih (dihentikan mengkonsumsi susu induknya) secara penuh.
Berikan makanan dalam jumlah sedikit, karena anak kucing memiliki kapasitas perut yang kecil.
Anak kucing membutuhkan protein tinggi pada makanannya dua kali lebih banyak dari kucing dewasa.
Berikan makanan kering, selain lebih murah harganya, biasanya makanan kering lebih mudah disajikan. Makanan kering juga berguna untuk melatih gigi dan gusi anak kucing. Bisa juga anda berikan makanan segar sebagai tambahan dalam jumlah kecil. Seperti daging yang sudah dimasak, ikan, telur, hati dan keju.

Biasanya area sekitar mata dan bagian dalam telinga kucing akan sangat mudah terkena kotoran. Gunakanlah kapas basah untuk membersihkannya.
Apabila bulu-bulu lembutnya terkena noda, bersihkanlah dengan minyak zaitun.
Berikan pelatihan dasar padanya, seperti buang air seni dan kotoran di tempat yang sudah disediakan. Ajarkan untuk tidak menggaruk-garuk atau mencakar tempat duduk (mebel), datang jika namanya dipanggil dan sebagainya.
Periksakan kesehatan anak kucing secara rutin dan teratur ke dokter hewan, misalnya untuk memberikan vaksinasi.

Jika anak kucing tidak datang saat di panggil, jangan pernah menyeret atau menghukumnya. Lebih baik kita latih terus dengan memanggil namanya sampai dia datang. Jangan pernah memukulnya karena dapat merusak hubungan anda dengan anak kucing. Kalau anak kucing berbuat sesuatu yang salah, segera hentikan dengan cara mengalihkan perhatiannya dengan suara yang keras.

REFERENSI:
http://dennyhabel.blogspot.com/2008/11/informasi-kesehatan-hewan_8484.html

Catatan IPK:

Berbagai pengalaman dari beberapa Sahabat Meong yang pernah merawat bayi kucing tanpa induk, yang terutama sangat membutuhkan kesabaran & ketelatenan, serta tingkat peluangnya untuk dapat tetap bertahan sangat bergantung kepada daya tahan tubuh sang bayi kucing & perawatan yang diberikan. Faktor terpenting adalah nutri, kebersihan dan kehangatan.

Hal-hal yang sangat perlu diperhatikan antara lain:

– nutrisi: susu yang dapat diberikan harus yang non-laktosa atau rendah laktosa, contohnya susu bubuk SGM tipe LLM untuk bayi 0-6 bulan, atau susu kambing.
– kebersihan: tempat untuk bayi kucing selama dirawat harus benar-benar bersih (steril)
– kehangatan: diatas kandang/kotak boks bayi kucing bsia diberikan lampu bohlam untuk menjaga suhu tubuh mereka, bisa ditambah dengan beberapa kain/selimut, dengan diberi alas koran dibawahnya.

Adakah Sahabat Meong yang ingin menambahkan tips-tips perawatan bayi/anak kucing? Silahkan berbagi pengalamannya masing-masing:)
sekitar 8 bulan yang lalu · Laporkan

Abas Nyak Agil Mamih
Ternyata selama ini saya salah.
(berbagi pengalaman dengan Bang Maman, keeper nursery di Taman Margasatwa Ragunan)
Beliau memberikan susu dancow dibandingkan susu sgm. Susu sgm hanya diberikan kepada hewan primata.
Hasilnya selama ini: semua harimau, singa, macan, tumbuh dengan besar dan kuat….
Terserah yang lain mau ikuti atau tidak, karena susu dancow mudah didapat di warung-warung terdekat.
Saya lebih percaya Bang Maman…
sekitar 7 bulan yang lalu · Laporkan

Wulan Putri
td mlm ada yg buang kucing dpn rmhku 3ekor, mreka msh kecil sekali n basah, yang agak mengkhawatirkan salah satunya terlihat seperti anak yang menderita gizi buruk/busung lapar, aku namain Kukun saja karena warnanya kuning.setelah aku bawa ke rumah, yang lain sdh bisa keluar dr kardus, tp Kukun seperti tidak kuat berdiri dan pas aku mau tidur taunya mencret, cuma dia yang ga keluar dari kardus, aku ga tau mau ngapain, dulu waktu Ibenk mencret, aku kasih Kaotin, dan sembuh, tp Ibenk sdh 5bulan. Aku ga berani kasih obat yang sama, takut ga cocok. Kukun dan rekan2nya masih kecil sekali, baru bisa jalan, tp udah melewati fase sempoyongan, aku harus kasih makan apa? trus gimana caranya, aku sodorin kaldu n catfood kering ga ada yang tertarik. soalnya mereka pasti belum coba makanan lain selain susu induknya. bantu aku ya….
sekitar 6 bulan yang lalu · Laporkan

Abas Nyak Agil Mamih
Tetap susu. Ada yang sarankan memberikan bubur bayi encer. Patut dicoba.
Kalau kaolin tidak mempan, yang aman adalah norit. Kalau tidak mempan juga terpaksa kasih entrostop sirup.
sekitar 6 bulan yang lalu · Laporkan

Wulan Putri
hari ini Kukun tambah lemes, td googling katanya (kata IPK juga) sebaiknya kasih susu non laktosa kayak susu kedelai, aku kasih pake spet, musti dipaksa buka mulut mereka, vet ku lagi keluar kota, aku khawatir sama Kukun, kalo Bonbon dan Tamtam tampak sehat dan lincah, doakan ya Kukun bertahan…soalnya sudah tidak kuat jalan, cuma tiduran dalam kardus. trima kasih infonya, besok saya ganti norit deh. tapi masih sangat mengharapkan info lain nih, selain dengan spet, sebaiknya pake apa ya, biar mereka serasa menyusu dengan induknya sendiri? pokoknya info apa saja, terima kasih…
sekitar 6 bulan yang lalu · Laporkan

Azus Niwa
kawann,,,salam kenal…
gw tadi malem nemu anak kucing di tempat jemuran kosan… nah emaknya kaga dateng2 lagi (lupa kali klo dia punya anak..) usia kucingnya sekitar 1-2minggu,, matanya masih merem,,, gw bingung kudu ngapain,,,tlong kasih saran donk… ^^’
sekitar 6 bulan yang lalu · Laporkan

Abas Nyak Agil Mamih
@Azus, terpaksa kamu harus menjadi pengganti induk. Kasih susu, tepuk2 kelaminnya biar kencing dan berak. Dan jangan lupa harus dihangatkan. Minimal dengan lampu 5 watt…
sekitar 6 bulan yang lalu · Laporkan

Wulan Putri
kalo diangetin pake selimut atau kain2an aja bisa ga? oh ya, sekedar pemberitahuan, Kukun ku ga berhasil survive, barusan aku kuburin, pdhl aku sdh janji dg vet ku sore ini, sedih, begitu aku nyampe rumah, dy cma reaksi dikit, pas mau dibawa taunya sdh ga ada.. tp terimakasih untuk info nya, masih ada Bonbon dan Tamtam, mudah2an mereka sehat2 aja, aku sdh kasih bubur bayi, dicampur frieskies kering n putih telor, mudah2an cpt gede, mereka sdh bisa makan sendiri, doakan ya.. buat Azuz, semoga cpt gede n ttp sehat..
sekitar 6 bulan yang lalu · Laporkan

Azus Niwa
klo frekuensi buat ngasih minum susu nya baiknya berapa kali sehari n berapa takarannya…??
hari ini bayi kucingnya dah zus kasih susu kedelai,,(dapet info klo susu kedelai tdk mengandung laktosa..) tapi minumnya masih dikit2…
makasih buat smw nya…
Oiya,semoga Kukun senang di alam sana…aminnn..
sekitar 6 bulan yang lalu · Laporkan

Azus Niwa
kawan.. bayi kucing nya kok g pup aja ya??? klo pipis sih tiap bis minum susu pasti pipis. tp ko ga pup aja dr kmren??? pa klo kucing seumur 1-2minggu ga pup?? cm pipis doang??
pdhal dah di usap2 bagian anusnya,,,
sekitar 6 bulan yang lalu · Laporkan

Abas Nyak Agil Mamih
Beraknya biasanya lembek, kalau tidak dibersihkan suka keinjek-injek. Mungkin memang belum waktunya berak.
sekitar 6 bulan yang lalu · Laporkan

Nadhifa Razani
permisii..
Mau tanya nih, semalem aku nemu anak kucing ga ada induknya. Anak kucingnya cm satu, nah, aku cuma kasih selimut aja. Aku ga tau cara ngerawatnya. Umurnya baru 1minggu, udh melek, barusan aja aku kasih susu dancow. Salah ga ya ?
sekitar 5 bulan yang lalu · Laporkan

Azus Niwa
@Nadhifa,,,coba dikasih susu sgm 0-6 bln atau susu kedelai itu lebih baik dari pada susu dancow yang mengandung laktosa…
sekitar 5 bulan yang lalu · Laporkan

Aryani Widayanti
Misi.. aq pny ank kucing ,namanya yuki umurnya 2 bln-an..
aq sempet bingung klo stiap ngasih susu..pasti pup nya lngsng mencret,
tnyata mank kayanya krg cocok ya.. cos aq kasihn ya susu dancow. habisnya tmnku yg pny kucing itu sblmnya nyaranin susu dancow aja.
taunya malah suka mencret.
kirain aku si yuki stress gara2 dipisahin dr induknya..
tp,apa ngaruh jg ya dr stress klo mencret?

klo gitu, yg tadinya dancow.langsung ganti SGM gpp kan ya?
sekitar 5 bulan yang lalu · Laporkan

Abas Nyak Agil Mamih
bisa
sekitar 5 bulan yang lalu · Laporkan

Misha Khamisha
saya mau kasih pengalaman yang sudah sudah. waktu itu saya pernah punya anak kucing 3 yg sblmny msh hidup. dia saya kasih susu SGM. slama pemakaian 1 bln, dari kucing yg pertama namanya cimot, dia tiba-tiba mencret2 dan gak mau makan. lalu dicek fesesnya juga cair dan berwarna kuning dengan muntah yang berwarna kuning jg, maunya menyendiri, ditempat gelap dan gak mau makan. maunya nempel2 terus sm tmpt minumnya, langsung saya bawa kedokter yg bernama Koesharyono, dia menangni lgnsung. katanya kucing saya kena virus distemper. harus djauhkan dari yg laen virus itu cepet kmn2. shrusnya prlu pnanganan infus. lalu dkter koes tny, dikash susu gk? iya dok? susunya bukan SGM kan?? . lalu sy kash tau, “iya dok sy kasih SGM”. lalu dktr itu mnyarankan jka kucing kecil jgn dikasih susu yang kadar laktosa tinggi. tidak cocok dengan perutnya. cari yg low laktos n non laktos. karna sudah meradang dala perut, dari yg brupa pnyakt, lalu brubah mnjadi virus. 1 sakit, yg laennya kena. katanya harus dipisah dari kucing2 yg laennya. takutnya kena juga dan ssh teratasi.
lalu stlh sy bawa pulang, kucing sy mati, dan merembet sampai 2 sodaranya. lalu yg sodaranya itu saya bawa ke rmh skt margasatwa. anehnya, dokter dsana itu sma skali tidak mendeteksi keadaan virus yg ada dikucing saya. malahan dokter tersebut mnyarankan, kalau yg seperti ini lebih baik dibawa ke dokter Koes aj… laaaahhh.. dokternya malahan gk ngerti apa2. bahkan malahn mnyuruh susu SGM lagi. semnjak itu, saya mencoba saran dr dokter koes yg lebih professional dan agak tua itu, kucing2 sy skrg ini sy kasih susu low laktos sprti bebelac atw nutrilon wlupun agak mahal yg penting kucing sehat. dan smpi skrg ini mereka sehat2 dan tumbuh besar. ^_^
sekitar 3 bulan yang lalu · Laporkan

Misha Khamisha
oh ya lupa, kata dokter sy juga prnh mnyarankan. kalo kucingnya mencrett, coba dkasih aj dulu obat cacing dosis ank kecil atw drontal dalam dosis ssuai pd umur kucing. krna kucing itu pnyakit prtamanya gak jauh2 dr cacing. baik mencret, susah BAB, atw pun flu, mata celeng putih2 dan lain2. dtggu slma 3 hari pmakaian, kalau lbh dr itu msh blm smbuh, takut2 kucing trkna virus. stlh itu coba dipakai obat amoxilin amoxan sirup utk antibiotik dan jangan lupa dengn vit b 12 dan bcomplex ipi. lbh baik ditanggapi lbh cepat, sblm menyesal nantinya. trimakasiiihh… smoga kucing semuanya pada sehatt ^_^
sekitar 3 bulan yang lalu · Laporkan

Anisa Mardiyah
terimakasih infonya,,sy jd mengerti…kmarin sy ktmu bayi kucing yg lg dmainin ank2 kcil,jd sy ambil aj dr mrka…matanya ud ngebuka dn masih aga gempal,,sy kasih susu kental manis,ga kpikiran ksih su2 bayi,,,skrg mencret,,,nti sy mw bli su2 dancownya ,,nah skrg yg sy bingung kasih susunya pkai ap y?kmrn itu sy pkai sdotan aqua gelas tpi aga susah..ap ad yg jual botol su2 khusus utk bayi kucing?
sekitar 2 bulan yang lalu · Laporkan

Ieda Ieie Mutz
ikutan gabung ah.
ak baru punya ank kucing baru nh ada 3 yg d’buang org ky’y sh umur’y br 1minggu lbh.
tp mata’y udh melek n bs jalan sh.
ak binun bgd cara ngerawat’y, soal’y biasa’y ngerawat ank kucing tp sllu ada induk’y.
kucing’y mencret2 trz, binun bgd mw ksh apa n susu’y apa…??
tp pas baca ini, ak mw coba deh.
trz mw tnya ank kucing umur segitu kn lum d’ksh makanan, trz d’ksh makanan’y umur brp ya…??
thx
sekitar 2 bulan yang lalu · Laporkan

Aryani Widayanti
mw tanya.. kucing aq udh 5 bln (tgl 15 nanti) nah.. bru divaksin sekali pas umur 3 bln. kn katanya hrs divaksin sbln kmudian trs bln depannya lg (jd pas umur 3 bln,4bln,5bln)cm sampe skrg aq blm vaksin lg.
kira2 gpp kn? atau nanti pas aku mw vaksin langsung 2 kali vaksin ya?
sekitar 2 bulan yang lalu · Laporkan

Adi Prayitno
gimana dengan bayi2 kucing yang baru satu hari dan tanpa induk ?
sekitar sebulan lalu · Laporkan

Rina Rp
@azus niwa : untuk ‘bantu’ anak kucing tanpa induk supaya dia pipis atau bab, usap2 bagian pantatnya pake kapas basah yg telah di rendam dgn air hangat (jangan air panas!).. hal itu utk merangsang otot2nya bekerja mengeluarkan pipis atau pup.
Krn biasanya induknya yang melakukan hal tsb yaitu dgn cara menjilat2 pantat anaknya.
sekitar sebulan lalu · Laporkan

Nasri Gokilz
cara memberi minum untuk anak kucing tanpa induk yang baru berumur 2 ato 5 hari gimana yah..?
Tolong penjelasannya…
sekitar sebulan lalu · Laporkan

Rina Rp
beliin dot buat anak kucing utk minum susu
sekitar sebulan lalu · Laporkan

Nasri Gokilz
Trus buat perawatan anak kucing yang luka gimana…
Soalnya ada satu ekor kucing yang salah satu kakinya buntung…
sekitar sebulan lalu · Laporkan

Bea Nur Malitasari
@nasri gokilz. Buat kucng yg luka, bersihkan dl lukanya dgn air matang yg hangat kuku (jgn yg panas) biasanya kucingnya berontak, oertma krn dia takut, kdua krn emg sakit dgn luka tsb. Stleh itu bisa dioles dgn bethadine atau iodine untuk luka (ada di apotek2 trdekat. Ga nyampe 5rb rupiah), stelah itu ya sudah, ga perlu diperban jika bukan luka robek, (kalo luka robek yg menembus kulis, sbaiknya diperban untuk mngurangi infeksi), lakukan kegiatan ini pagi dan sore, jgn lupa yaaa kitanya juga cuci tgan dulu bwt ngurangi kuman yg da di tgn kita
sekitar sebulan lalu · Laporkan

Nasri Gokilz
Alhamdulillah akhirnya setelah berhari-hari , Induk dari ketiga kucing yang kurawat akhirnya muncul. Dengan rasa gembira kuserahkan anak2nya untuk disusui.
sekitar sebulan lalu · Laporkan

Mat Visual Fotografi
Pengalaman baru sampai dini hari ini saya tulis. Dirumah lahir 4 ekor anak kucing hny satu ekor (betina) anak kucing yang Cacat sejak lahir yakni lumpuh kedua kaki belakangnya yg ditinggal induknya dari 4 Ekor yg lahir… herannya kini terhitung sdh seminggu induknya memisahkan anaknya tsb dng tidak menyususui (spt sengaja dibiarkan mati) dia tetap hidup dan menjerit sangat kencang. Bila dia besar sdh kebayang hidpnya menderita … ada yg memberi saran disuntik mati saja agar mati secara “perlahan” … bgmana dengan saran anda ?
sekitar sebulan lalu · Laporkan

Indonesia Peduli Kucing (IPK)
Kehidupan…hanya Yang Maha Kuasa yg menentukan kapan & dimana ciptaanNya lahir & meninggalkan dunia fana; kita manusia berusaha yg terbaik & keputusan hanya Tuhan jualah yg menentukan

sekitar sebulan lalu · Laporkan

Ayu Fadya Raharjo
halo sahabat meong, ikut sharing yaa, ini hari ke-3 kucing kecil umur sekitar 3 minggu nginep di rumahku( ada yg buang kayaknya 😦 ) 3 hari ini sy kasih SGM 0-3 m, kondisinya sekarang masih nangis nyari induknya, bulunya kotor tp ga berani bersihin, takut kedinginan trus pup nya mencret, kemaren sih sebenernya msh padet, apa krn ga cocok susunya? selain susu, sekali kali sy kasih air madu biar lbh kuat, apa boleh ya? cuman sy ga tau intensitas ngasih susunya tiap kapan? apa 3 jam sekali? krn sy kerja, jdnya kl istirahat siang sy harus pulang buat ngasih susu, krn ga ada org lg di rumah, repoot banget deh..tp sy optimis bisa merawat kucing ini, soalnya dulu pernah ngalamin merawat anak kucing umur 4 minggu. Sobat meong, dr pertanyaan2 saya di atas ada yg bisa jawab ga? makasiiih sebelumnya ya =^^=

http://www.facebook.com/topic.php?uid=146073285435321&topic=286

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s