Ketika Anak Fasih Memanggil “Nenek”

Ketika baru bangun tidur kata “Nenek” yang keluar dari mulut mungilnya, ingin minum susu memanggil “Nenek” lagi, dan seterusnya…sampai ketika bangun di tengah malam pun hanya nama “Nenek” yang dipanggilnya.

Begitulah setiap hari keponakanku dengan fasih memanggil “Nenek”,  hanya Nenek yang membuatnya nyaman, hanya Nenek yang mampu mengerti dirinya, dan hanya Nenek yang sabar menghadapi sikap ingin dimanja.

Begitu dalam dan eratnya hubungan bathin antara Nenek dan cucu, sehingga hubungan yang selayaknya dimiliki oleh Ibu dan Ayahnya menjadi tenggelam oleh kealpaan waktu mereka karena kondisi. Kondisi yang pada akhirnya juga untuk mensejahterakan sang anak secara materi.

Dari usia 3 bulan, ketika Ibu yang mengandung dan melahirkannya harus kembali beraktifitas, si anak diasuh dan dirawat oleh Neneknya seorang diri. Nenek yang aktif berorganisasi pun dengan tulus dan rela menghentikan sejenak segala urusan kerja sosialnya, semua demi cucu pertama.

Ditinggalkan oleh Ibunya sejak matahari terbit hingga matahari tenggelam, dan bertemu hanya pada malam hari, itupun kalau si anak masih belum tidur. Begitupun dengan Ayahnya, karena kondisi si anak hanya mampu bertemu Ayahnya 3 hari dalam seminggu saja.

Meskipun sabtu dan minggu mereka sekeluarga berkumpul dengan utuh, namun 2 hari tetap saja kurang untuk mengganti 5 hari alpa selama hari kerja.

Ketika sekarang si anak fasih memanggil Nenek, haruskah Ibunya marah dan tersinggung dan menudingnya sebagai anak yang terlalu dimanja oleh Neneknya??? Sepertinya kurang bijaksana bila si Ibu bersikap seperti itu. Lihatlah ke belakang apa yang sudah tertanam di dalam diri si anak??

egitu kuat peran Nenek dalam dirinya, sehingga Nenek sangat berarti baginya, Nenek sebagai pengganti Ibu dan Nenek sebagai pengganti Ayah.

Dari pengalaman cerita diatas, usahakan anak-anak kita fasih memanggil “Ibu”..!!

Sumber : Kompasiana

Jual HDY Baby Diaper Bag @ http://TasBayi.JawaraShop.com

Widya Wicaksana Widya Wicaksana
08180-800-6625
(021) 9550-6400
http://www.JawaraShop.com

Jual Laptop Bag Aidea @ http://TasLaptop.JawaraShop.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: