Di Tengah Keterbatasan, Ricky Mampu Berprestasi

Jual Sandal Nama Unik dan Lucu @ http://JawaraShop.com

Rizky Aditya Fandi

Mengenal sosok pemuda bernama Rizky Aditya Fandi, seorang remaja sederhana dengan segudang prestasi, tentulah memberikan suatu pencerahan bagi teman dan sekelilingnya mengenai sebuah perjuangan meraih prestasi. Hidup dengan kondisi sederhana dan bisa dibilang pas-pasan tidak membuat ia menjadi remaja yang tumpul berkreasi.

Karena menurutnya bukanlah kemapanan yang bisa mengantarkan seseorang meraih prestasi, tapi ketekunan, kerja keras, dorongan orang tua, dan mendekatkan diri kepada Tuhan, adalah sarana utama meraih prestasi.

Peraih medali emas dengan predikat The Best Teory and Absolut Winner dalam Olimpiade Sains Nasional 2011 di Manado bidang studi Fisika ini, merupakan remaja yang sederhana, senang berbagi pengetahuan dengan teman-teman di sekolahnya. Saat ini dia duduk dikelas 3 IPA SMA Negeri I Glagah Banyuwangi.

Meski kondisi sekolah minim fasilitas dan tergolong daerah pedesaan, bukan menjadi penghambat bagi Ricky untuk bisa bersaing mensejajarkan diri menjadi yang terbaik di Indonesia dalam bidang sains. Meski tidak ada laboratorium Fisika, dia belajar di perpustakaan sekolah dalam mempelajari kajian teori Fisika.

Rizky Aditya Fandi

Ricky saat menerima penganugerahan The Best Teory and Absolute Winner dalam OSN 2011 di Manado

Menyukai Fisika merupakan hal yang tidak diduganya, remaja dengan IQ 130 ini, awal mulanya menyukai matematika. Ketika duduk dikelas IV SDN IV Singoturunan, guru dan kepala sekolahnya melihat ada sesuatu yang menonjol dalam diri Ricky. Dia mampu menguasai pelajaran matematika untuk kelas VI. Kemudian dia diikutkan dalam lomba UUP sekabupaten Banyuwangi dalam mata pelajaran Matematika dan meraih juara II.

Saat duduk di bangku SMP Negeri I Banyuwangi, sebenarnya dia ditunjuk sebagai wakil sekolah dalam seleksi OSN bidang matematika, namun ada salah satu guru fisikanya yang membujuknya untuk mempelajari lebih dalam Fisika, dan insting gurunya benar. Pada tahun 2008, Ricky berhasil meraih medali emas The Best Theory bidang studi Fisika OSN di Makassar.

Selain Fisika, sebenarnya Ricky juga menguasai bidang studi yang lain, termasuk bahasa Inggris. Prestasinya dalam bahasa inggris ini adalah juara I debat Bahasa Inggris tahun 2010 sekabupaten Banyuwangi. Dari SD hingga SMA, dia selalu meraih rangking 1 dikelasnya, sehingga banyak prestasi yang menyertainya dalam perjalanan menuntut ilmu ini. Diantaranya : siswa berprestasi tahun 2004, 2005, dan 2007, sering menjuarai lomba seperti cerdas sermat MIPA, dan olimpiade fisika yang diadakan beberapa universitas.

Ada sisi menarik dari sosok Ricky, sebagai teman yang tergolong dekat, tatkala berkunjung kerumahnya yang sederhana, kami menyaksikan betapa seorang Ricky adalah seorang yang sangat patuh dan sopan pada orang tua, contohnya dia selalu mencium tangan kedua orang tuanya ketika pergi ataupun pulang kerumah, dan berusaha untuk membahagiakan kedua orang tuanya lewat prestasi.

Dalam sisi kerohanian, dia cukup religius, selalu berusaha mendekatkan diri dengan Tuhan dengan mengerjakan sholat lima waktu, dan disekolahpun, dia mengikuti ekstrakulikuler Rohis (kerohanian Islam).

Ricky sangat dekat dengan ibundanya, mungkin juga karena dia adalah anak semata wayang, maka dia anak yang digadang-gadang mampu membanggakan orang tua. Dan keunikan Ricky, dia hanya belajar jika mood saja, karena menurutnya, meski dipaksa belajar, kalau tidak mood maka pelajaran sulit masuk. Dan sebagai pengiring belajar, dia selalu disertai dengan mendengar musik dan kadang diselingi dengan bermain gitar.

Menurut ibundanya, ibu yuyun, kehidupan Ricky saat kecil sangat prihatin. Hidup di dekat pantai bersama komunitas nelayan, dan ayahnya saat itu bekerja serabutan, membuat orangtuanya tidak mampu memberikan makanan empat sehat lima sempurna. Jangankan susu, lauk saja seringkali hanya tahu dan kecap, dan terkadang diberi ikan lemuru oleh tetangga yang nelayan. Namun Ricky kecil tumbuh sehat, dan kelebihan Ricky mulai terlihat sejak TK, karena dia telah mampu membaca huruf latin dan Alqur’an.

Dukungan orang tua, merupakan modal utama Ricky dalam meraih prestasi. Kehidupan sederhana dengan suasana kekeluargaan yang kental, komunikasi dua arah yang selalu dibuka oleh orang tuanya, membentuk Ricky menjadi anak yang percaya diri. Yang berkesan baginya, dukungan orang tuanya bukan untuk menuntut dia berprestasi. Tapi memberi dukungan atas segala apa yang ia sukai dan lakukan.

Dan menurut ibundanya pula, Ricky merupakan anak yang keingintahuannya tinggi. Jika ada suatu hal yang membuat ia penasaran, maka dia akan terus mengejarnya sampai menemukan hasilnya. Dan sewaktu ditanya mengapa suka dengan sains khususnya Fisika, jawabnya karena dia tidak suka pelajaran menghafal, tapi lebih menyukai bereksplorasi.

Sebenarnya, tahun ini Ricky mewakili Indonesia dalam Olimpiade International (Asian Physic Olympiad) di India, namun dia tidak jadi berangkat karena anggaran yang dialokasikan dari pemerintah mengalami pemangkasan. Padahal persiapannya sudah dilakukan jauh-jauh hari.

Dari bimbingan yang intens dari dosen Universitas Negeri Jember, bimbingan dari beberapa guru Fisika, serta pelatihan intensif selama satu bulan di Bandung. Meski sedikit kecewa, namun proses yang telah ditempuhnya selama mempersiapkan diri ini djadikannya sebagai suatu pengalaman dan tambahan wawasan yang sangat berguna.

Berkaca dari seorang Ricky, dengan potensi yang ada, dia mampu mengoptimalkannya ditengah fasilitas hidup yang pas-pasan. Menunjukkan kepada kita bahwa bukanlah kemapanan yang menjadi tolok ukur meraih keberhasilan. Namun kegigihan, kerja keras, dukungan keluarga, dan kebersyukuran dalam memaknai kekuranganlah yang mampu dijadikan senjata untuk meraih prestasi.

Semoga menginspirasi khususnya untuk generasi muda seluruh Indonesia.

Sumber : Elsa Mardianita @ Kompasiana

Peluang Usaha Produk Immunocal @ http://immunocalnetwork.com

www.mylivesignature.com/signatures/85877/supermilan/a1928e8a96a55f7092e99c05bb990dff.png Widya Wicaksana
08180-800-6625
(021) 9550-6400
http://www.JawaraShop.com

Jual Aksesoris Martapura @ http://aksesorismartapura.com

Satu Tanggapan

  1. aku ingin sepertimu.bisakah?beri aku motivasi untuk ke hal positif dan konsisten kearah visi & misi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: