DICARI : Pinjaman Modal Kerja

Jual Tas Bayi HDY Baby Diaper Bag @ http://TasBayi.JawaraShop.com
Tulisan menarik dari Bp. Muhammad Rosihan, presiden TDA

DICARI : Pinjaman Modal Kerja

Syarat :
– Tanpa agunan
– Proses persetujuan cepat 1 hari, 3 hari sudah cair
– Minimal 1 milyar
– Bunga 5% per tahun
– Cicilan bisa sampai 5 tahun
– Provisi murah
– Administrasi ngga mahal
– Tidak perlu pakai notaris segala, cukup perjanjian biasa kayak KTA

Tulisan itu tercoret di selembar kertas, yang disodorkan teman saya untuk minta bantuan dicarikan sumber pemodalan kerja untuk bisnisnya yang sedang berkembang pesat. Saya balas tulis dengan tulisan singkat : KAMU PINDAH KE CHINA!!!

Lho, kok pindah ke China? Memang ada apa dengan negara ini? Saya tertawa.. Kamu kan sudah jago bak dunia persilatan soal utang. Kamu sudah telan utang KTA, Kartu Kredit, utang ke IMF (istri, mertua, suami). Lha kok mimpi dapet kredit dengan syarat seperti itu?

Kamu boleh akrobat cari modal kerja cara BODOL, kamu gesek sana-sini kartu kredit, pinjam KTA, pinjam IMF. Itu bisa jalan kalau bisnismu diawal, modal yang kamu putar masih kecil. Tapi kalau kamu ingin membesar, kamu baru ngerasa susahnya cari modal buat pengembangan usahamu. Ayo kita bahas satu per satu persyaratan-mu itu

Aku paham kamu kawan, bisnis mu baru 2 tahun, melesat berkembang pesat. Kamu butuh modal kerjakan? tapi rumahmu belum bisa dijadikan agunan, kamu baru beli 5 tahun lalu, nyicil 10 tahun lagi. Jadi kamu masih ngga punya agunan toh? Rasain. Kalaupun bisa dijadikan agunan, paling cuman dapet 200 juta.

Proses cepat 3 hari cair? Gundulmu! itu hanya ada di KTA, bank swasta, yang Salesnya dikejar-kejar target. Klo bukan KTA, apalagi bank pemerintah, kamu ngemis-ngemis 1 bulan broo. Itupun dengan mengajukan setumpuk dokumen lengkap, rinci dan detil, rekening 6 bulan kebelakang dan laporan keuangan 2 tahun.

Puyeng kan? kamu pasti pengin tanya, bagaimana bisa buat laporan keuangan 2 tahun pada masa-masa perjuangan? bukankan kita semua pakai jurus dewa mabuk cashflow saat memulai usaha?

Maksimal 1 milyar bunga 5%??? pinjam ke nenekmu saja! Lha Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang maksimal 5juta saja bunga 22%, maks 500 juta 14%, lha kamu minta maks 1 milyar minta 5%, itu hanya ada di China. Mana bisa bank-bank untungnya trilyunan rupih per tahun kalau bunganya 5%? Mana bisa bank-bank punya gedung mewah, bergaya profesional, lux, gaji profesionalnya tinggi.

Kalau kamu tanya orang Bank, menjamin entrepreneur kayak kamu itu penuh resiko. Seperti resiko berbisnis dinegara ini, masih penuh ketidakstabilan dan penuh keruwetan. Makanya pantas diganjar bunga tinggi. BI saja ngga bisa nurunin. Untuk modal kerja bunganya 14%, Investasi 12%. Tapi kalau minjamin buat beli mobil malah dikasih bunga cukup 5%. Beli ruko bunga 9%, kamu tertarik cari Cash Back-nya kan?

Inilah asiknya Indonesia, kamu lebih dibiayai untuk menjadi Konsumen daripada menjadi Produsen. Di negara ini ngga ada Bank Entrepreneur! Yang ada Bank Komersial semua. Peran utamanya benar intermediasi, tapi plus cari untung sebesar-besarnya! Jangan harap negara ini berpihak kepadamu kawan! Kamu itu entrepreneur kelas teri, kemarin sore, belum teruji!

Ngga peduli omsetmu tinggi, margin-mu ok, pertumbuhan bisnismu mencengangkan. Entrepreneur jalur cepat kayak kamu ini belum ada fasilitasnya broo, apalagi insentif-nya . kamu masih disuruh merangkak sendiri.

Wah, kalau gitu aku ikut aliran pak Heppy Trenggono aja deh, DEBT FREE? kata kawanku ini. Hua ..ha..ha..ha. tawaku. Pak Heppy itu bisa soalnya memang pak Heppy sudah tidak pinjam bank. Jangan lihat Debt Free-nya saja, baca sejarah lengkap Pak Heppy.

Syaratnya bisa Debt Free ala Pak Heppy itu cuman satu, kamu harus punya KOMPETENSI (pengetahuan, skill, pengalaman dan ide). Kalau kamu punya kompetensi, kamu diawal sudah dipercaya calon investor, bisa menggalang dana investor dari awal, membuat konsorsium bisnis, kamu operator utama, dan kamu cukup punya porsi 20%.

Jadi tanpa utang sama sekali. Bisa enggak kamu dari awal bikin bisnis dengan permodalan sharing? Atau kamu mau ngga jual bisnismu sekarang ke investor?? Jadi gimana nih?? ya pikir sendiri lanjutannya, aku hanya mengabarkan kengawuran yang ada. Selalu ada kemungkinan broo. Silaturrahim saja. Itu caranya untuk menjadi pengusaha KOMPETEN. Selamat berjuang .

Salam rosihanwww.saqina.com

Jual Tas Bayi HDY Baby Diaper Bag @ http://TasBayi.JawaraShop.com

www.mylivesignature.com/signatures/85877/supermilan/a1928e8a96a55f7092e99c05bb990dff.png Widya Wicaksana
08180-800-6625
(021) 9550-6400
http://www.JawaraShop.com

Jual Sandal Nama Unik dan Lucu @ http://JawaraShop.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s