Yang Mengusir Saya Dulu, Sekarang Masih Jualan Rokok

Jual Tas Bayi HDY Baby Diaper Bag @ http://TasBayi.JawaraShop.com
Di perempatan jalan itu nampak beberapa pengamen duduk lesehan sambil menghitung recehan. Pandanganku lesu ketika melihat seorang balita yang diasuh orang tuanya. Lamunanku melayang ke anak-anak ku yang sedang menunggu di rumah.

“Saya dulu seperti mereka, pak”, ujar pak sopir Bluebird memecah lamunanku. Seakan tak percaya jika sopir yang sekarang mengantarkan aku ini dulu pernah jadi pejuang jalanan seperti mereka.

Pak sopir kemudian nyerocos bercerita tentang lika liku kehidupannya. Beberapa tahun yang lalu, dia datang ke Jakarta mencoba peruntungannya dengan berjualan rokok di perempatan jalan. Panas hujan dia jalani, diusir preman dan pedagang “senior” adalah hal yang biasa.

Jika diusir, dia segera mencari lokasi baru untuk mengasong. Selama mengasong dia ketemu banyak kenalan, yang akhirnya mempertemukan dia dengan juragan koran. Kemudian dia beralih menjual koran, masih di perempatan. Sedikit demi sedikit uang hasil penjualan dikumpulkannya dan terbelilah sebuah sepeda motor.

Hidupnya sedikit membaik. Nasib kemudian mempertemukannya dengan tukang kredit yang awam ditemui di kota-kota besar. Dari tukang kredit itu dia belajar bagaimana menjual barang kreditan, dan hal itu menarik minatnya untuk ikut mengadu nasib sebagai tukang kredit.

Sebagai modal dijuallah motor kesayangannya, dan mulailah dia berkeliling Jakarta untuk menjajakan barang kreditannya. Kali ini hasil keuntungan yang didapat lebih banyak daripada berjualan koran. Sebagian dikirimkan ke kampung halamannya, Garut, untuk biaya hidup keluarganya. Sebagian lagi disimpan dalam tabungan.

Seringnya berkeliling Jakarta, mempertemukan dia dengan teman-teman baru, salah satunya adalah kalangan sopir. Dia pun meminta untuk diajari mengemudi kendaraan besi roda empat ini. Sembari belajar, dia pun mengurus SIM sebagai salah satu syarat mengemudi kendaraan.

Setelah lancar mengemudi, dia memberanikan diri untuk melamar sebagai sopir di salah satu perusahaan taxi. Beberapa taxi pernah dicobanya, dan semakin menambah ketrampilannya dalam mengemudi dan melayani pelanggan. Tercatat sudah 5 perusahaan yang pernah dijalaninya. Saat ini dia tercatat sebagai pengemudi Bluebird selama 2 tahun lebih.

Suatu hari dia pernah mengemudi melewati perempatan jalan tempat dia mengasong beberapa tahun yang lalu. Dia melihat, pedagang “senior” yang dulu mengusirnya masih ada di sana dan masih berjualan rokok. Berbeda dengan dia yang sekarang sudah naik “jabatannya”.

Ketika saya tanya apakah tidak ingin pindah ke Garut dan berkumpul dengan keluarganya, dia menjawab “Kalau masih jadi sopir ya sama saja, kalau menjadi lebih baik ya saya mau, pak.”

Kembali saya merenung, sudahkah saya bertumbuh dan belajar untuk menjadi lebih baik? Bagaimana dengan anda?

Artikel : TDA
Jual Tas Bayi HDY Baby Diaper Bag @ http://TasBayi.JawaraShop.com

www.mylivesignature.com/signatures/85877/supermilan/a1928e8a96a55f7092e99c05bb990dff.png Widya Wicaksana
08180-800-6625
(021) 9550-6400
http://www.JawaraShop.com

Jual Sandal Nama Unik dan Lucu @ http://JawaraShop.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: